Home > Daerah > 300 Ketam Diselundupkan ke Thailand Lewat Laut

300 Ketam Diselundupkan ke Thailand Lewat Laut

Medan, Sorotdaerah.com- Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Sumut membongkar penyelundupan 300 ekor Ketam Tapak Kuda (Tachypleus gigas), Jumat (28/4).

Direktur Ditpolair Polda Sumut, Kombes Sjamsul Badhar menyebut, pengungkapan penyelundupan ini setelah timnya menyelidiki kebenaran informasi tentang ada sebuah kapal ikan yang tengah menyelundupkan ketam (belangkas) tujuan Thailand.

Kapal tersebut tidak memilki izin resmi dan surat-surat lengkap. Atas informasi itu, dua kapal Ditpolair bergerak menyelidkinya ke perbatasan perairan Sumut – Aceh. Tepatnya di perairan Langkat, kapal ilegal itupun dihentikan dan digeledah.

“Dari pengejaran dini hari tadi sekitar pukul 1, petugas mengamankan sebuah KM Makmur GT 25 No 215/QQ di perbatasan perairan Sumut-Aceh. Petugas juga mengamankan lima orang awak kapal, termasuk nahkoda dan anak buahnya,” terang Sjamsul.

Lebih jauh ia mengatakan, saat digeledah, anggotanya menemukan 300 ekor ketam disembunyikan di dalam kapal. Ketam-ketam itu sudah dalam kondisi mati. Ketam-ketam itu dimuat dalam box ikan. “Tak ada yang sah. Ini mau mereka selundupkan ke Thailand,” tandasnya.

Sjamsul menambahkan kelima tersangka akan di kenakan pasal 40 (2) jo Pasal 21 (2) huruf a, b, c UU No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. (JS)

You may also like
Ditpolair Poldasu Amankan Kapal Penyelundup Hewan Dilindungi
Mengenal Primadona Zaman Jura
Sepakbola Indonesia: Solidaritas Lintas Batas

Leave a Reply