Home > Daerah > 4 Anggota Sindikat Narkoba Internasional Dibekuk, Satu Tewas Ditembak

4 Anggota Sindikat Narkoba Internasional Dibekuk, Satu Tewas Ditembak

Sorotdaerah.com- Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumut kembali mengungkap sindikat jaringan narkoba internasional. Sebanyak empat pelaku diamankan yakni Raja Mangaliat Hutapea alias Pak Jess, Anton Sopian alias Adi, Riki Rezeki alias Crup dan Tarmizi M Yusuf alias Faisal. Tersangka Faisal tewas usai ditembak karena melawan polisi saat mau ditangkap.

Dari hasil penangkapan tersebut, polisi menyita barang bukti berupa dua kilogram sabu-sabu (dikemas dalam bubuk teh China), enam ponsel, sebuah mobil Pajero Sport hitam. “Para tersangka ditangkap pada Senin 21 Agustus 2017 di wilayah Sunggal Medan. Barang bukti ini berasal dari Malaysia yang masuk melalui Aceh yang rencabanya akan didistribusikan oleh para tersangka ke Aceh, Medan dan Palembang,” terang Direktur Ditresnarkoba Poldasu Kombes Hendri Marpaung, dalam jumpa pers di depan Ruang Jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Medan, Selasa (22/8).

Pola pengungkapan terhadap jaringan narkoba ini, beber Direktur Ditresnarkoba Polda Sumut, sampai saat ini masih sama dengan sebelumnya, yakni investigasi dan menyamar sebagai pembeli (undercover buy).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting menambahkan, Polda Sumut berkomitmen untuk mengungkap dan memberantas penyalahgunaan narkotika. Pihaknya bahkan tidak segan-segan menembak mati para bandar. “Komitmen kami memberantas narkotika tidak akan pernah mundur, khususnya bandar yang terkait jaringan internasional,” ujarnya.

Menurut Rina, keempat tersangka melanggar pasal 114 ayat (2) Subsider pasal 112 ayat (2) Junto pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ganjaran minimal lima tahun penjara, maksimal 20 tahun, pidana mati, dan penjara seumur hidup serta denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar. (JS)

You may also like
Miliki Sabu, Syahfrizal Alias Bagor Diciduk Polisi
Bandar Narkoba Sindikat Internasional Tewas Ditembak, Sita 50 kg Sabu-sabu

Leave a Reply