Home > Daerah > Awetkan Hasil Tani Dengan Smartphone

Awetkan Hasil Tani Dengan Smartphone

Sorotdaerah.com- Hasil panen membusuk tak lagi masalah bagi petani dan tengkulak. Dengan adanya mesin pengering, hasil tani dapat diawetkan untuk mengurangi kerugian akibat pembusukan. Adalah  Horticultura Fluid Flow Drier (H-Flory), mesin pengering pintar ciptaan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang dapat digunakan untuk mempertahankan kualitas hasil panen petani nusantara. 

H-Flory merupakan mesin pengering karya Achmad Syarif Hidayat, Akhmad Ibnu Hija, Indra Yogi Prayuga, Sapto Wahyu Sudrajat, dan Windy Rizqia Arsy. Kelimanya merupakan mahasiswa Departemen teknik Fisika ITS. Mereka mendapat ide setelah mengamati proses pengeringan hasil tani yang masih menggunakan metode konvensional. “Masyarakat biasanya mengeringkan hasil panen dengan api, oven, ataupun cahaya matahari. Cara cara seperti ini tidak hemat energi dan butuh waktu lama,” jelas Achmad Syarif.

Alat ciptaan mereka, cukup unik karena menggunakan sistem otomatis berbasis ponsel pintar (smartphone). Alat itu dilengkapi dengan sensor suhu dan kelembaban sebagai komponen sistem otomasi yang dapat dikontrol melalui program di telepon genggam.

Suhu dan kelembaman yang dibutuhkan tiap tanaman tenyata berbeda. Karenanya, dalam sistem operasinya, alat diatur secara khusus untuk jenis tanaman yang diinginkan.  “Contohnya saja, cabai hanya boleh dipanaskan pada suhu 60 derajat celcius. Data tersebut kemudian disimpan pada kontrol di smartphone yang telah tehubung dengan bluetooth. Dari aplikasi yang kami rancang, pengguna cukup mengoperasikan sesuai jenis tanaman dan suhu yang diinginkan,” papar Achmad.

Pengering konvensional membutuhkan waktu lima hingga tujuh hari. Sangat berbeda dengan H-FLORY yang mampu mengeringkan hingga delapan kilogram produk dalam waktu 12 jam. Alat ini juga hemat energi. Pasalnya, H-flory hanya memerlukan 1,5 kilogram gas untuk menyuplai api pemanas.

Achmad menambahkan, alat tersebut dapat mengalirkan panas secara merata meski memiliki bentuk rak bersusun dengan dimensi 50x50x50 cm persegi. “Desain tersebut dapat memberikan kualitas yang sama pada semua tingkatan,” tandasnya. (Adven Hutajulu)

You may also like
Pengen Punya Smartphone, Remaja Ini Nekat Mencuri

Leave a Reply