Home > Daerah > Babi Satu-Satunya Ternak Andalan Indonesia

Babi Satu-Satunya Ternak Andalan Indonesia

Sorotdaerah.com- Sektor peternakan memberi kontribusi cukup penting bagi perekonomian nasional. Pada tahun 2015 nilai ekspor produk peternakan sebesar 443,43 juta dollar AS. Dari sejumlah ternak yang ada, babi adalah ternak andalan Indonesia yang menembus pasar Singapura.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komunitas Alatan Pertanian Indonesia (Alatani) Febroni Purba saat berkunjung ke lokasi peternakan babi di Solo, Jumat (20/10). Ia mengatakan, di antara jenis ternak lainnya (kuda, keledai, sapi, kerbau, kambing, biri-biri, unggas), ekspor ternak babi adalah yang terbesar dengan nilai 55,42 juta dollar AS (12 persen).

“Tujuan ekspor ternak babi Indonesia adalah Singapura, di mana pulau Bulan (Batam) menjadi lokasi pemasok utamanya. Secara akumulasi Januari-Juli 2016, nilai ekspor babi dari pulau Bulan terebut sebesar 30,25 juta dollar AS,” katanya.

Pihaknya menyayangkan lemahnya sikap pemerintah terhadap potensi ternak babi. Padahal, ternak babi merupakan satu-satunya ekspor ternak yang mampu menembus pasar ASEAN.

“Ada banyak potensi peternak-peternak babi di Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Utara, NTT, dan Papua, tetapi pemerintah tidak serius menggarap potensi itu,” tutur alumni fakultas peternakan Universitas Andalas.

Ia menambahkan, selama ini pemerintah hanya berfokus pada satu komoditi ternak yaitu sapi. Dari pengalaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah terjadi pemborosan anggaran sebanyak Rp 18 triliun untuk program swasembada daging sapi.

“Pemerintah Joko Widodo ini mestinya belajar dari pengalaman sebelumnya. Anggaran Rp 18 triliun untuk swasembada sapi itu sia-sia. Padahal kita memiliki potensi sumber protein hewani lainnya misalnya babi dan unggas lokal yang berpotensi untuk menembus pasar ekspor,” tutupnya. (RP)

Leave a Reply