Home > Daerah > Beberapa Syarat Tak Terpenuhi, KPU Sumut Pulangkan Berkas JR – Ance

Beberapa Syarat Tak Terpenuhi, KPU Sumut Pulangkan Berkas JR – Ance

Sorotdaerah.com-Kedatangan pasangan calon Gubernur Sumut dan Calon Wakil Gubernur Sumut, JR Saragih – Ance ke gedung KPUD Sumut di Jalan Printis Kemerdekaan, Medan Timur tak semulus langkah awal salah satu bakal calon Edy – Ijek yang jadi lawannya.

Pasalnya, sejak dilakukan penelitian terhadap dokumennya sekira 3 jam lebih, KPU Sumut akhirnya memulangkan berkas pencalonan JR – Ance. Sebab, berkas nya dinyatakan belum lengkap.

“Setelah kami menerima pendaftaran balon cagub/cawagub dari kualisi 3 parpol tadi (JR -Ance), kita melakukan penelitian dekomentasi tersebut. Memang syarat pencalonan sudah terpenuhi, tapi ada syarat calon belum lengkap,” terang Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, usai kegiatan, Selasa (9/1) sore.

Dijelaskannya, bahwa beberapa syarat yang tidak dipenuhi Paslon tersebut adalah Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), surat keterangan tidak pailit, surat keterangan tidak pernah tersangkut masalah pidana, surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilih masing-masing dari Pengadilan Negeri (PN) Medan.

“Kami paham beberapa parpol menentukan keputusan pencalonan di last minute. Sementara mengurus surat tersebut memakan waktu, makanya untuk sementara tanda terima permohonan sudah bisa dilampirkan dan kami kembalikan kepada bakal calon. Besok masih ada waktu sampai jam 24.00 wib. Jadi masih ada waktu untuk memperbaiki,” pungkas Mulia.

Sementara itu, JR Saragih yang ditanya wartawan mengatakan kalau mereka akan segera melengkapi seluruh berkas yang disyaratkan untuk mendaftar. Mereka berencana langsung ke pengadilan untuk mengurus dokumen yang diperlukan.

“Hari ini juga langsung kami urus dan besok kami akan datang kembali dengan dokumen yang sudah lengkap. Yang belum lengkap itu dokumennya Pak Ance, kalau saya sudah lengkap. Begitu juga dokumen partai seluruhnya sudah lengkap,” sebut JR Saragih sambil berjalan keluar gedung KPU Sumut. (AN)

You may also like
Aturan Pemasangan Alat Peraga Kampanye
KPU Imbau Warga Siantar Tidak Menebar Berita Hoaks
Caleg Dilarang Kampanye Sampai Waktu Yang Ditentukan
Perebutkan 30 Kursi, 367 Caleg Bertarung Di Siantar
KPU Siantar Gelar Bimtek Pelaporan Dana Kampanye
Pemilihan Umum 2019, KPU Siantar Tetapkan 170.035 Pemilih

Leave a Reply