Home > Daerah > Bicara Tentang Siantar Bersama Alpeda Sinaga

Bicara Tentang Siantar Bersama Alpeda Sinaga

Sorotdaerah.com – Alpeda Sinaga (50) adalah salah satu dari banyak yang peduli dengan perkembangan kota Siantar. Kepedulianya terhadap kota terbesar kedua di Sumatera Utara ini membawanya ingin bertukar pikiran dalam sebuah diskusi santai.

“Saya selalu mengikuti perkembangan kota Siantar walau dari jauh selama ini. Sudah saatnya untuk memperhatikan langsung di Siantar. Salah satu caranya melalui ngobrol santai ini,” katanya dalam sebuah diskusi yang digelar Komunitas Cakap Cakap Siantar di Grand Palm Hotel, Jalan MH Sitorus, Siantar, Sabtu (9/2).

Akademisi dari STIE Sultan Agung Siantar, Robert Siregar menjelaskan, ada tiga poin penting untuk berbicara tentang Siantar. “Berbicara tentang Siantar setidaknya ada 3 kata kunci. Niat, peduli dan paham,” tegasnya.

Tambah Robert, Siantar jika dilihat dari potensinya layak dibangun menjadi kota jasa. Dikatakan sebagai kota jasa karena kondisi geografis Siantar yang mendukung.

Selain itu, sektor yang tidak kalah pentingnya adalah pendidikan. Pendidikan menurutnya harus menjadi fokus. Semuanya dapat direalisasikan ketika ada niat. Jadi tak cukup hanya peduli dan paham. “Jika peduli dan paham, namun tak ada niat sama saja,” ucap Robert.

Senada, Anggota DPRD Siantar Kennedy Parapat juga menekan-kan Siantar sebagai kota jasa. “Proses percepatan perputaran uang di Siantar harus terus digenjot,” tuturnya.

Pemimpin Siantar yang dibutuhkan adalah yang peduli, tak cukup hanya memiliki kemampuan intelektual. Menerima masukan dari stakeholder di kota Siantar.

Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Siantar, Hendra Simanjuntak menyatakan pentingnya gerakan bersama. Gotong royong adalah kunci dalam membangun. “Salah satu peluang membangun Sumber Daya Alam (SDM) adalah melalui SMK. Siantar punya peluang dengan adanya KEI Sei Mangkei. Buat MoU,” tutur Hendra.

Diakhir diskusi Alpeda Sinaga menegaskan, betapa pentingnya duduk bersama membangun cara berpikir untuk kota Siantar yang lebih baik. “Dengan cara kita sama sama. Kata kita. Tujuan ke depan adalah berperan aktif dalam memperhatikan Siantar,” bebernya.

Lanjutnya, untuk ikut berkontribusi harus mulai memperhatikan dan banyak terlibat dalam diskusi untuk membangun Siantar. “Diskusi seperti ini diharapkan akan terus dilakukan untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat Siantar,” pungkasnya.

Hadir dalam diskusi ini berbagai tokoh masyarakat, penggiat budaya, tokoh pemuda dan pelaku usaha. (JO)

You may also like
Rumah Milik Pengerajin Ulos Tenun Disapu Angin Kencang
Pelayanan RSUD Djasamen Saragih Lambat, Tahanan Lapas Meninggal
Doa Se-Kota Siantar Untuk Pemilu
JPO Pasar Horas Sudah Tak Layak
Warga Jalan Kain Suji Ujung Minta Akses Jalan Kerumah Mereka Dibuka
TKI Asal Siantar Dituntut Hukuman Mati di Malaysia

Leave a Reply