Home > Daerah > Dukung Sumut Provinsi Literasi, Komunitas Gagas Festival

Dukung Sumut Provinsi Literasi, Komunitas Gagas Festival

Sorotdaerah.com- Pasca deklarasi Sumut menjadi provinsi literasi, sejumlah komunitas akan menggelar Festival Literasi Sumatera Utara (FLSU). FLSU akan diisi kegiatan workshop penulisan cerita fiksi, seminar literasi, pelatihan pembuatan big book bagi guru sekolah dasar, dan aksi masal membaca menggunakan big book. Rencananya aksi ini akan dicatat Museum Rekor Indonesia – Dunia (MURI) sebagai rekor baru di Indonesia.

“Semua kegiatan diselenggarakan sepanjang September dan puncaknya pada Oktober 2017,” terang Koordinator Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Forum Masyarakat Literasi Sumatera Utara (FORMALSU) Erix Hutasoit di Medan, Selasa (5/9).

Erix mengatakan, membangun budaya literasi merupakan kerja jangka panjang. Dibutuhkan kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan swasta agar gerakan literasi di Sumut bisa menghasilkan karya nyata. Pemerintah tidak bisa sendirian dalam melakukan tanggung jawab ini.“Gerakan literasi baru bisa menjadi kebudayaan jika semua pihak ikut mengambil peran. Sekecil apapun peran itu, pasti akan membawa manfaat,” tambahnya.

Ketua Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) Badriah mengatakan, keterlibatan komunitas merupakan kunci dalam membangun gerakan literasi. Komunitas perlu didorong aktif menggelar kegiatan-kegiatan literasi. “Itu sebabnya FSLU ini kami gelar dengan melibatkan banyak pihak. Selain FORMALSU dan YAFSI, festival ini juga didukung oleh Yayasan Pendidikan Parulian serta Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara. Kami juga sangat beruntung mendapat dukungan yang kuat dari program CSR PT Dow Indonesia,” terangnya.

Plant Manager PT Dow Indonesia Ricky Rahardja mengatakan, literasi merupakan topik yang penting dan banyak dibahas saat ini. Sebagai perusahaan yang berkerja di masyarakat, pihaknya terpanggil untuk mendukung gerakan literasi. Terlebih berdasarkan studi internasional, minat membaca orang Indonesia tergolong rendah. “Kami ingin membantu pemerintah untuk membagun budaya literasi,” tukasnya.

Festival Literasi Sumatera Utara bertujuan mendukung Sumut sebagai Provinsi Literasi. Kegiatan ini digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara, Forum Masyarakat Literasi Sumatera Utara (FORMALSU), Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI), Yayasan Pendidikan (YP) Parulian dan merupakan pengabdian CSR PT Dow Indonesia. (JS)

You may also like
Sumut Darurat Narkoba, Polisi Buru Para Bandar
Dinas Perpustakaan Pemprovsu Dukung Gerakan Literasi
Emas Pertama Sumut, Sepanjang Olimpiade Siswa Berkebututuhan Khusus
Kapolri Puji Sumut Sebagai Provinsi Berperadaban Tinggi
Sumut Terbanyak Kedua Praktek Pungli
Wakapoldasu Hadiri Penutupan Kuliah Kerja Dalam Negeri

Leave a Reply