Home > Daerah > Gempa Tektonik M 4,4 Guncang Aceh Tenggara

Gempa Tektonik M 4,4 Guncang Aceh Tenggara

Sorotdaerah.com- Gempa bumi tektonik kembali mengguncang Aceh Tenggara, Jumat (2/3), pukul 16:13 WIB.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi itu berkekuatan M=4.4. Gempa itu berpusat pada koordinat 3.42 LU dan 97.83 BT, tepatnya di darat pada jarak 1 km Timur Laut Aceh Tenggara, pada kedalaman 113 km.

Lebih jauh Edison mengatakan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Aceh Tenggara dengan intensitas gempabumi I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan.

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, timpal Edison, tampak gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia.

“Kepada masyarakat di sekitar Aceh Tenggara, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjung jawab. Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG,” pungkas Edison. (AH)

You may also like
Gempa Bumi Guncang Jatim dan Bali, 3 Orang Meninggal
Peduli Palu dan Donggala, Mahasiswa Fakultas Hukum USI Galang Dana
IWO Buka Posko Kemanusiaan Untuk Korban Gempa dan Tsunami di Mamuju
Gempa Berkekuatan 4,7 SR Guncang Simeulue Aceh
Antisipasi Bencana Lahar Dingin, BMKG Luncurkan Informasi Prakiraan Cuaca Sinabung
Gempa Berkekuatan M=3,9 Kembali Guncang Taput

Leave a Reply