Home > Daerah > Gunakan Sistem Online, KPK Dorong 11 Daerah di Sumut Cegah Korupsi

Gunakan Sistem Online, KPK Dorong 11 Daerah di Sumut Cegah Korupsi

Sorotdaerah.com – Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan kepada 11 daerah di Sumut untuk membangun sistem berbasis online sebagai alat mencegah terjadinya tindak korupsi. Demikian disampaikan Ketua Tim Koordinator Supervisi KPK Adliansyah Nasution di Balai Kota Pematangsiantar, Rabu (6/9).

Menurut Adliansyah, 33 daerah di Sumut sudah membuat kesepakatan dan berkomitmen bersama dalam rangka pencegahan dan penindakan terintegrasi termasuk kota Pematangsiantar. “Ini pertemuan yang ketiga, sebelas daerah yang kita undang hadir di Siantar. Kita sudah sepakat dan berkomitmen membangun sistem berbasis online. Kami juga sudah membuat kesepakan yang sama dengan 11 daerah lainnya di Kota Pinang beberapa waktu lalu,” kata pria berkumis yang akrab disapa Coky.

Lebih jauh, Coky mengatakan, pada dasarnya 11 daerah sudah sepakat. “Intinya, kita sudah buat kesepakan pencegahan. Kita mendorong daerah untuk membangun sistem E-Planning, yaitu perencanaan secara online, keuangan secara online dan perizinan secara online,” bebernya.

Sedangkan untuk acara hari ini, Ia mengatakan pihaknya memonitoring rencana aksi yang sudah didesain bersama dengan 11 daerah. Diharapkan dua dari lima program yang direncanakan dalam waktu dekat akan diluncurkan di Siantar. Hari ini akan di luncurkan Electronic- Planning dan dalam waktu dekat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) juga akan segera.

“Kita harapkan daerah lain melakukan hal yang sama seperti yang diterapkan Kota Pematangsiantar,” katanya.

Diharapkan dengan sistem online akan mencegah terjadinya korupsi. Seperti diketahui korupsi di instansi pemerintahan marak terjadi. “Sistem online ini harus bisa diakses oleh siapapun, termasuk masyarakat. Anggaran itu kelihatan oleh publik, jadi semua bisa memantau,” pungkasnya.

Sebelas daerah yang hadir di Siantar: Toba Samosir, Asahan, Humbang Hasundutan, Tebing Tinggi, Simalungun, Pematangsiantar, Dairi, Pakpak Barat, Samosir, Serdang Bedagei dan Batubara. (JO)

You may also like
PJI Nilai Pembentukan Densus Tipikor Tidak Tepat
Terkait Korupsi Mantan Gubsu Mahasiswa Desak KPK Bertindak
Perkembangan Kasus Suap Bupati Batubara Yang Ditangani KPK
Malam Ini, OK Arya Diboyong Ke Jakarta
KPK OTT Bupati Batubara dan 6 Orang Lainya
SAHdaR Tolak Hak Angket DPR Terkait Kinerja KPK

Leave a Reply