Home > Daerah > Hari Gini, Pegawai Bidang Akademik FMIPA USU Lakukan Pungli

Hari Gini, Pegawai Bidang Akademik FMIPA USU Lakukan Pungli

Sorotdaerah.com – Semakin gencarnya kampanye semangat revolusi mental di negeri ini, ternyata tidak semua mampu mendengar dan memahami dan mengamalkannya. Pada lembaga pendidikan seperti Universitas Sumatera Utara (USU) yang merupakan perguruan tinggi negeri favorit di Sumatera Utara ternyata ditemukan modus pungutan liar (pungli) yang menunjukkan tidak profesionalnya sebagian pegawai atau pejabat.

Seperti di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USU Medan diduga ada pungutan liar yang dilakukan oleh salah satu pegawai di Bagian Akademik FMIPA atas nama Yasir Tanjung kepada wisudawan Diploma III yang baru diwisuda pada bulan Agustus lalu.

Menurut pengakuan para wisudawan yang tidak mau disebut namanya, pegawai tersebut telah memotong uang jaminan toga yang sebelumnya mereka setor sebesar 175 ribu rupiah sebelum wisuda ternyata hanya dikembalikan 150 ribu rupiah setelah toga dikembalikan ke pihak kampus.

“Perjanjiannya, semua uang jaminan akan dikembalikan setelah toga kami kembalikan, ternyata dipotong 25 ribu rupiah,” kata salah seorang wisudawan Diploma Fisika ini, Jumat (8/9) di halaman parkir FMIPA USU.

Bukan hanya itu, menurut mereka pegawai bersangkutan terkesan tidak ramah dan lambat dalam melayani para wisudawan yang ingin mengambil ijazah maupun transkip nilai yang hingga saat ini selalu mendapat jawaban yang bertele-tele.

“Padahal kami sudah dijanjiin dari 2 minggu kemarin, SKTL saja tidak ada kami terima. Ijazah dan transkip nilai kami katanya belum keluar, padahal kami sudah memohon karena akan ada Job Fair minggu depan di Medan,” kata seorangnya menambahkan.

Dari informasi yang dihimpin dari beberapa wisudawan yang telah menerima ijazah, ternyata untuk setiap lembar legalisir mereka dikenakan laginkutipan sebesar 2 ribu rupiah tanpa tanda bukti.

Jelaslah bahwa pungli masih subur di kampus ini. Tidak mempersoalkan nilai uangnya, tetapi mental dan profesionalismenya jelas tidak bisa diterima.

Saat hendak dikonfirmasi, pegawai terduga pelaku pungli tersebut sudah tidak ada diruangannya di lantai 3 FMIPA USU. (RO)

You may also like
Pungli Sejumlah CPNS, Plt Kepala Dinkes Ditangkap, Berkas Perkaranya Sudah P21
Saber Pungli OTT Pegawai Dinkes Simalungun
Lagi, Poldasu Ungkap 44 Kasus Premanisme
Berkas Perkara Pungli Dinas Kebersihan Kota Medan Dilimpahkan
Laporkan Pungli, Delapan Staf Medis Malah Dimutasi
Praktek Pungli Marak Terjadi di UPT Samsat Doloksanggul

Leave a Reply