Home > Daerah > Kapolri Sebut Erupsi Sinabung Sebagai Berkah Tekanan Membuat Kita Bangkit Lebih Kuat

Kapolri Sebut Erupsi Sinabung Sebagai Berkah Tekanan Membuat Kita Bangkit Lebih Kuat

 

Sorotdaerah.com- Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengajak masyarakat memaknai letusan Gunung Sinabung sebagai berkah. Sebab masalah ini terjadi juga atas sepengetahuan Allah, dan Dia pasti menyediakan hikmah.

Tito mencontohkan bagaimana bangsa-bangsa di dunia tampil lebih kuat justru ketika masyarakatnta banyak mendapat benturan, baik benturan karena alam maupun karena perbuatan manusia. Sepasti bangsa Israel yang dulu dikejar-kejar Mesir, bangsa Eropa tatkala menghadapi masalah cuaca, Hongkong dengan pulaunya yang tandus batu karang serta, Singapore menjulang sebagai negara hebat meski mereka tidak memiliki apa-apa.

“Alam dan lingkunganlah yang membuat mereka bertahan bahkan berhasil. Inilah yang saya lihat bahwa poin terpenting erupsi Gunung Sinabung ini kita ambil sebagai peluang, bukan sebagai masalah,” ujar Tito saat menyemangati ribuan masyarakat Karo yang menghadiri acara Bakti Kesehatan di Lapangan Samura, Kabanjahe, Karo, Kamis (24/8).

Lebih jauh Kapolri mengatakan, erupsi Sinabung hendaknya dimaknai sebagai keberuntungan yang diberikan Yang Maha Kuasa kepada Tanah Karo. Karena Tuhan memberikan tekanan untuk orang Karo agar bisa bangkit. Peristiwa meledaknya Sinabung ini harus dijadikan peluang karena ada tekanan, spiritnya harus dari dalam membuat kita bangkit sendiri.

“Warga Tanah Karo hanya bisa bangkit dari diri sendiri, itu poin terpenting. Jangan sampai terjadi bantuan yang diberikan ini menjadikan kita manja. Bantuan seperti ini hanya trigger untuk memancing, supaya masyarakat Karo merasa tidak ditinggalkan oleh pemerintah termasuk Polri. Diharapkan masyarakat Karo bangkit secara mandiri dibantu oleh pemerintah,” petuahnya.

Tito menjujuri, kehadirannya di Karo karena dua faktor. Pertama, ingin berkegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan bagi masyarakat Karo yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung. Kedua, ada masalah penting untuk diselesaikan terkait pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung yang sudah berlangsung tujuh tahun dan sampai saat ini belum berakhir.

“Tujuan saya melakukan kegiatan ini, yang pertama, ingin memberikan simbolik bahwa pimpinan Polri punya kepedulian terhadap masalah Sinabung. Selain itu memberikan pesan kepada jajaran kepolisian bahwa upaya langkah-langkah persuasif harus diutamakan ketimbang upaya-upaya represif,” tegasnya.

Menurut Mantan Kepala BNPT itu, jika kegiatan persuasif kepada masyarakat diintensifkan ketimbang upaya penegakan hukum, gemanya akan lebih luas. “Karena itu saya akan mengeluarkan perintah kepada para Kapolda untuk membuat kegiatan persuasif,” tukasnya.

Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana mengucapkan terimakasih kepada Kapolri karena telah melaksanakan kegiatan Bhakti Kesehatan dan Sosial di Tanah Karo. “Ini menunjukkan, kepolisian tidak hanya bekerja dalam menegakkan hukum namun juga menjunjung tinggi Kemanusiaan. Saya beserta seluruh masyarakat Tanah Karo sangat mengapresiasi kegiatan ini,” pujinya.

Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw berharap kunjungan Kapolri ini dapat menyemangati warga Karo, khususnya para pengungsi. Kapoldasu menjelaskan bahwa lebih 10 ribu masyarakat bersama pengungsi Sinabung menerima pelayanan kesehatan. Polri juga menyumbang 3000 paket bantuan diantaranya 4000 selimut, 4000 handuk, 4000 kaos, sarana olahraga seperti meja pingpong dan bola volly. “Semoga kunjungan Bapak Kapolri ini dapat menjadi penawar semangat para pengungsi erupsi Gunung Sinabung,” harap Irjen Paulus Waterpauw.

Dalam kunjungan ini, Kapolri juga menyempatkan diri berinteraksi dengan warga Karo dengan mengungjungi posko-posko pengobatan. Ada banyak posko pengobatan dibuka diantaranya poli umum, pengobatan gigi, UKGS, pelayanan KB, khitan, bedah minor, donor darah, laboratorium dan golongan darah, skrening mata. Untuk pelayanan kesehatan spesialisasi juga tersedia seperti spesialis jantung dan pembuluh darah, spesialis penyakit dalam, spesialis paru, spesialis kebidanan dan kandungan, spesialis bedah, spesialis kulit dan kelamin, spesiali mata, spesialis anak, spesialis THT, spesialis jiwa dan psikologi.

Dalam kunjungan ini, turut hadir Ketua Umum Bhayangkari Tri Suswati Karnavian dan beberapa Pejabat Utama Mabes Polri yaitu Wakabaintelkam Mabes Polri Irjen Pol Lucky Hermawan, Kakorlantas Mabes Polri Irjen Royke Lumowa, Kadiv Propam Mabes Polri Brigjen Pol Martuani Sormin, Karo Penmas Div Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto, Wadir Binmas Baharkam Mabes Polri Kombes Pol Ricky Francois Wakanno, Wakil Bupati Karo, Cory S Br Sebayang, Kapolres Karo, AKBP Rio Nababan, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu dan Wakil Ketua DPRD Karo, Inolia Br Ginting. (JS)

You may also like
Jokowi Tinjau Siosar
Polri Serius Buru Komplotan Pencipta Hoaks
Kapolri Puji Sumut Sebagai Provinsi Berperadaban Tinggi
Lusa, Kapolri Akan Berikan Bantuan Kesehatan Bagi Pengungsi Sinabung 
Sinabung Erupsi lagi, Semburkan Abu Setinggi 2.300 Meter
Pemkab Karo Lamban Tangani Relokasi

Leave a Reply