Home > Anak > Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak, Kapoldasu Perintahkan Tindak Tegas Pelaku

Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak, Kapoldasu Perintahkan Tindak Tegas Pelaku

Sorotdaerah.com – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Indonesia meminta Kapolda Sumut untuk memberi atensi terhadap setiap proses penyidikan kasus kekerasan seksual pada anak.

Demikian disampaikan Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait saat lembaganya beraudiensi dengan Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw Ruang Sinabung Mapolda Sumut, Kamis (14/9) siang.

Arist Merdeka juga mengatakan Polri perlu dukungan penuh dari masyarakat agar tidak adanya penolakan dari jaksa untuk menangani kasus terhadap anak. “Saya menginginkan dengan diadakannya pertemuan ini bisa menyusun kesepakatan bersama (MoU) antara Polda Sumut dengan Komisi LPA Sumut dan jajaran untuk menguatkan proses penegakan hukum yang melibatkan anak baik sebagai korban maupun sebagai pelaku khususnya kejahatan seksual di Polda Sumut,” pinta Arist Merdeka Sirait.

Kapolda Sumut Ididampingi para Pejabat Utama menerima kedatangan Komisi Nasional Perlindungan Anak dan 23 orang perwakilan dari 33 Lembaga Perlindungan Anak se-Sumut yang selama ini memberikan dukungan kepada penyidik dalam menangani kasus anak yang berhadapan dengan hukum baik anak sebagai maupun sebagai pelaku.

Dalam kesempatan itu, masing- masing Ketua Lembaga Perlindungan Anak tingkat Provinsi, Kota maupun Kabupaten menyampaikan kepada Kapolda Sumut mengenai permasalahan atau kendala saat mendampingi anak yang sedang menjalani proses hukum. Tak ketinggalan Miswardi Batubara Ketua LPA Medan menceritakan bagaimana darurat kekerasan seksual terjadi di Medan dan butuh dukungan kepolisian.

Mendengar paparan kendala yang dihadapi Komnas PA dan LPA Kabupaten-Kota maupun Provinsi, Kapolda Sumut langsung menyahut. Irjen Paulus mengatakan, kasus perempuan dan anak menjadi atensi Polda Sumut.

“Perlindungan terhadap perempuan dan anak menjadi atensi kami dan semua instansi. Apalagi kasus pemerkosaan yang dialami anak-anak merupakan luka yang akan dia ingat seumur hidupnya, sehingga siapapun pelakunya hukum sekeras-kerasnya. Itu perintah saya,” tukas Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut mengatakan polisi akan terus menindak tegas para pelaku kekerasan seksual terhadap anak, dan tidak akan ada namanya proses penyelesaian secara kekeluargaan.

Di akhir audiensi ini Ketua Komisi Nasional perlindungan Anak memberikan cenderamata kepada Kapolda Sumut berupa boneka panda sebagai simbol kasih sayang terhadap anak. Sebaliknya Kapolda Sumut juga memberikan plakat kepada Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. (JS)

You may also like
Ditlantas Poldasu Tekad Bantu Anak Tidak Takut Polisi
Paulus Waterpauw Dipakaikan Pakaian Adat Toba
Kapoldasu Berkunjung Ke Tobasa
Kapolda Imbau Personel Polres Samosir Rajin Blusukan
Kapodasu Tinjau Polres Simalungun
Hebat! Warga Nias Anugerahi Kapolda Sumut Marga Duha

Leave a Reply