Home > Bisnis > Kini Tiriskan Keripik Lebih Efisien

Kini Tiriskan Keripik Lebih Efisien

Sorotdaerah.com – Bagi UKM pencipta keripik, meniriskan keripik bukanlah perkara mudah. Pasalnya,  proses tersebut memakan waktu lama. Apalagi, jika produksi keripiknya dalam jumlah besar. Melalui inovasi teknologi, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menciptakan mesin sentrifugal yang mampu meniriskan keripik dengan lebih efisien.

Teknologi tersebut dinamai mesin sentrik. Alat ini menggunakan mesin sentrifugal dan teknologi vakum. Oleh Armanda Siryogiawan, Ashwin Showabi, Anton Putra Widyatama, Anisa Ambarwati, dan Nabilah Nurdianah, mesin ini mampu meniriskan minyak hanya dalam hitungan menit.

Menurut Armanda, mahasiswa Departemen Mesin Industri ITS, minyak yang ditiriskan dengan alat ini benar benar hilang. “Alat ini sudah diuji pada salah satu UKM rempeyek di Surabaya. Hasilnya rempeyek benar benar gurih karena semua minyak berhasil ditiriskan,” ujar Armanda seraya menikmati rempeyeknya.

Selama uji coba, mesin sentrik berhasil meniriskan 20 rempeyek dalam waktu hanya tiga menit dengan meniriskan 3 gram minyak.  “Padahal, normalnya proses penirisan minyak membutuhkan waktu satu hingga dua jam. Dengan alat ini, efisiensi kerja UKM menignkat dan produksi semakin tinggi,” tambahnya.

Mesin sentrik ini merupakan penyempurnaan dari mesin spinner peniris minyak yang sudah saat ini beredar di pasaran. Namun mesin spinner tersebut memiliki kelemahan tidak dapat digunakan untuk meniriskan minyak pada olahan keripik yang mudah pecah. Selain itu, mesinnya berbentuk balok dan menggunakan transmisi pulley and belt serta penggerak motor listrik seperempat paardechracht. (Adven Hutajulu)

Leave a Reply