Home > Daerah > KPU Rangkul Penyandang Disabilitas

KPU Rangkul Penyandang Disabilitas

Sorotdaerah.com – Pemilih disabilitas tetap memiliki kesempatan atau hak suara dalam Pemilu 2019. Seluruh masyarakat dalam Pemilu harus dirangkul, tak kecuali warga yang memiliki keterbatasan fisik atau difabel.

Ketua KPU Siantar Daniel MD Sibarani mengatakan, pemilih difabel menjadi sorotan penting. Karenanya dalam Pemilihan serentak yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang mutlak merangkul pemilih difabel.

“Pemilih difabel juga termasuk sebagai pemilih inklusif. Pemilihan yang inklusif itu juga melibatkan orang-orang yang hanya dapat melakukan hal terbatas, seperti difabel, orang yang sedang menjalani masa tahanan dan orang sakit,” jelas Daniel, ketika ditemui di ruang kerjanya Jalan Porsea Nomor 3 Siantar, Selasa (8/1).

Ia juga menyampaikan bahwa akses berita dan informasi tentang Pemilu juga sangat dibutuhkan para pemilih, terutama pemilih disabilitas dan beberapa pemilih yang memiliki gerak terbatas. Tak hanya itu, mereka juga harus mendapatkan pelayanan Pemilu yang dapat menunjang hak mereka untuk memilih.

Beberapa metode yang dapat dilakukan seperti menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus, mempermudah para penyandang untuk datang ke TPS. “Inklusi juga menyediakan sarana prasarana khusus atau template khusus untuk tuna netra,” kata dia.

Untuk menyediakan TPS khusus, KPU akan terus bersinergi untuk merangkul pemilih disabilitas untuk tetap menggunakan hak atas suaranya.

“KPU tidak punya hak, untuk mencoret nama nama mereka (penyandang disabilitas) karena itu sudah diatur dalam undang undang,” pungkasnya. (DS)

You may also like
KPU Siantar Rekrut 55 Relawan Demokrasi
Jelang Pemilu 2019, KPU Siantar Siapkan Logistik
KPU Lantik Anggota PPK Pasca Putusan MK
KPU Siantar Tidak Merekrut Ulang Anggota PPK
Target 7 Kursi Legislatif Hanura Bentuk Bapilu
Aturan Pemasangan Alat Peraga Kampanye

Leave a Reply