Home > Daerah > Lewat Gerak Jalan, KPU Sumut Ajak Masyarakat Sadar Pemilu

Lewat Gerak Jalan, KPU Sumut Ajak Masyarakat Sadar Pemilu

Sorotdaerah.com – Masyarakat Sumatera Utara sangat antusias mengikuti kegiatan gerak jalan Sadar Pemilu yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Minggu (29/10) pagi.

Ketua KPU RI, Arif Budiman dalam kata sambutannya yang dibacakan Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting sebelum melepas para peserta gerak jalan santai di KPU Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan ini mengatakan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langung merupakan perwujudan demokrasi di tingkat lokal.

Ruang kontestasi dan partisipasi politik dibuka seluas-luasnya dengan harapan terpilihnya pemimpin daerah yang memiliki kompetensi,kapabilitas, integritas, dan akseptabilitas.

“Era otonomi daerah membutuhkan pemimpin yang tidak saja memiliki kreatifitas dan inovasi dalam membangun daerah, tetapi juga mendapat kepercayaan dan dukungan dari rakyatnya,” katanya.

Pemilihan serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke 3 setelah dimulainya pemilihan serentak pada tahun 2015. Terdapat 171 daerah yang akan mengikuti pemilihan serentak tahun 2018 terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. Karena penyelenggaraan pemilihan serentak 2018 beririsan dengan Pemilu Serentak 2019. Maka masih dibacakan Evi tak dapat dipungkiri, suhu politik akan lebih hangat dibanding pemilihan serentak pada tahun 2015 dan 2017.

Oleh karena itu, penyelenggara Pemilu di semua tingkatkan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dan berintegritas. Berikan pelayanan yang adil dan setara kepada semua peserta pemilihan.

Dihadapan ratusan peserta gerak jalan ini Komisioner KPU RI ini juga menyatakan disamping melayani peserta pemilihan, tugas penting dan paling fundamental dari penyelenggaraan Pemilu adalah melayani pemilih agar mereka dapat menunaikan hak konstitusionalnya secara rasional, cerdas,mandiri dan penuh tanggungjawab.

Pastikan pemilih yang sudah memiliki KTP Elektronik tercatat dalam daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT).

“Ingat pemilihan serentak merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Jangan sampai kedaulatan rakyat dalam menyeleksi pemimpinnya terdistorsi dan terciderai oleh asfek-asfek prosedural dan teknis yang tidak terkelola secara profesional dan bertanggungjawab.

Sementara itu dalam pelaksanaan gerak jalan yang juga dilakukan secara serentak di 33 Kabupaten/kota se-Sumut ini, KPU Medan juga turut ambil bagian dalam kegiatan Gerakan Sadar Pemilu dan Pilkada Serentak 2018 dengan mengambil rute start dari kantornya di  Jalan Kejaksaan No. 37 Medan, kemudian peserta gerak jalan santai ini pun bergerak menuju Jalan Pengadilan, Jalan Raden Saleh, Jalan Putri Hijau dan Jalan Guru Patimpus dan finish kembali ke kantor KPU Medan.

Untuk memeriahkan acara tersebut, kegiatan serupa juga dilakukan dengan membagi-bagikan hadiah kepada para peserta dengan cara lucky draw.

Sebelumnya, Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea mengaku ribuan masyarakat akan mengikuti gerakan Jalan Sadar Pilkada 2018 yang dilaksanakan serentak di 33 KPU Kabupaten/Kota se Sumut ditambah dengan KPU Provinsi.

“Khusus untuk di Sumut itu diperkirakan diikuti sebanyak 165.000 peserta karena setiap kabupaten/kota itu akan diikuti minimal 500 peserta sedangkan untuk KPU Provinsi akan diikuti sebanyak 1000 orang peserta. Acara ini merupakan program dari KPU RI dan dilaksanakan juga serentak secara Nasional,” kata Mulia Banurea MSi kepada wartawan, Sabtu (28/10) lalu.

Mulia berharap agar peserta Gerak Jalan Sadar Pilkada 2018 hadir sebelum Pukul 06.00 WIB di halaman Kantor KPU Sumut sebab acara dilaksanakan tepat jam 06.00 wib. “Seluruh peserta yang terdaftar mendapatkan baju kaos, snack dan kupon lucky draw,” tutup Mulia.

Tak ketinggalan, KPU Kota Pematangsiantar juga menyelenggarakan kegiatan serupa yang diikuti masyarakat yang dipusatkan di kantor KPU Jalan Posea Nomor 3 Pematangsiantar.(AN/JO)

You may also like
KPU Tetapkan Dana Kampanye 84,740 Miliar Rupiah 
KPU Sumut Tak Gentar Dengan Ancaman JR Saragih
Majelis Musyawarah ‘Usir’ KPU Sumut dari Ruangan Sidang, Sengketa Gugatan JR Saragih
Fotokopy Ijazah SMA Legalisir Syarat Utama Kandidat Gubsu
KPU Sumut Tegaskan Pencoretan JR Saragih-Ance di Pilgubsu Sesuai Aturan
KPU Sumut Ajak Paslon Gubsu-Cawagubsu Kampanye Anti Hoaks, SARA dan Politik Uang

Leave a Reply