Home > Daerah > Lusa, Kapolri Akan Berikan Bantuan Kesehatan Bagi Pengungsi Sinabung 

Lusa, Kapolri Akan Berikan Bantuan Kesehatan Bagi Pengungsi Sinabung 

Sorotdaerah.com- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Tito Karnavian akan menghadiri kegiatan bhakti kesehatan dan sosial di posko pengungsian masyarakat Karo yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Melihat banyaknya masalah di bidang kesehatan akibat erupsi Gunung Sinabung, Polri merasa terpanggil untuk ikut serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.  Hal itu tertuang dalam Perintah Kapolri pada tanggal 7 Agustus 2017 tentang Pelaksanaan Bhakti Kesehatan Polri dampak dari erupsi Gunung Sinabung melalui Surat Perintah Kapolri Nomor: Sprin/2066/VIII/2017 tanggal 09 Agustus 2017 tentang Pelaksanaan sebagai Tim AJU di Polda Sumut. Tim sudah lebih dulu tiba di sana guna mendata dan meninjau ke lokasi kegiatan.

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan Bhakti Kesehatan dan Bhakti Sosial Polri pada Kamis 24 Agustus 2017 dan direncanakan mulai dari pukul 07.00 WIB sampai selesai bertempat di Stadion Samura Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo.

Dijadwalkan, acara ini dihadiri dan dibuka Kapolri. Adapun kegiatan dari bhakti kesehatan antara lain pengobatan umum, pengobatan gigi, UKGS, pelayanan KB, khitan, bedah minor, donor darah, laboratorium dan golongan darah, skrening mata.

Sementara untuk pelayanan kesehatan spesialisasi seperti spesialis jantung dan pembuluh darah, spesialis penyakit dalam, spesialis paru, spesialis kebidanan dan kandungan, spesialis bedah, spesialis kulit dan kelamin, spesiali mata, spesialis anak, spesialis THT, spesialis jiwa dan psikologi.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, untuk mendukung bhakti kesehatan tersebut, Polri akan menggelar peralatan medis yaitu peralatan rongtgent 5 unit, peralatan USG 2 unit, peralatan EKG 10 unit, peralatan Dental 10 unit, peralatan KB 4 unit, peralatan laboratorium 4 unit, peralatan bedah minor 7 unit dan peralatan khitan 13 set.

“Sasaran dari kegiatan bhakti sosial ini adalah masyarakat Kabupaten Tanah Karo korban erupsi gunung sinabung yang mempunyai permasalahan kesehatan khususnya masyarakat yang berada dilokasi pengungsian,” ujar Rina, Selasa (28/8).

Dikatakan Rina, target yang akan menjadi sasaran dari bhakti kesehatan dan bhakti sosial adalah 3.000 orang terdiri dari pengobatan umum 1.000 pasien, laboratorium ditambah golongan darah 1.000 pasien, UKGS 300 pasien, pengobatan gigi 200 pasien, donor darah 200 pasien, khitan 150 pasien, KB 100 pasien, bedah minor 50 pasien, bedah mata 10 pasien.

Disebutkan, untuk mendukung pelaksanaan bhakti kesehatan dan sosial ini, Polri akan melibatkan personel Gabungan dari Pusdokkes Polri, RS Bhayangkara TK-I dr Sukanto, Bid Dokkes Polda Sumut, RS Bhayangkara TK-II Medan dan RS Bhayangkara TK-III Tebing Tinggi sebanyak 143 orang dengan rincian Dokter Spesialis 15 orang, Dokter umum 22 orang, Dokter gigi 7 orang, para medis 62 orang dan non medis 37 orang, dan personel tambahan PMI 15 orang, Perdami 15 orang, FKG 9 orang, Kesdam I / BB 5 orang, Rumkit Bhayangkara TK-III 7 orang, CO-ASS 16 orang, khiatanan 10 orang, Urkes Polres Tanah Karo 5 orang, BKKBN 10 orang, Dinkes Tanah Karo 7 orang, SSU Kabanjahe 10 orang, kebersihan lapangan 10 orang.

“Kapolri juga akan memberikan bingkisan kepada para pengungsi erupsi Gunung Sinabung berupa sembako (beras, gula, minyak makan, dll) kepada seluruh pengungsi yang ada di lokasi kegiatan Bhakti Kesehatan dan bhakti sosial,” pungkas Rina. (JS)

You may also like
Salah Rumah Sakit Sajakah ?
Sebelas Polisi Jajaran Poldasu Dapat Penghargaan Dari Kapolri
Polri Serius Buru Komplotan Pencipta Hoaks
Kapolri Perintahkan Jajaran Buru Pembuat Hoaks, Masyarakat Diimbau Jangan Sembarangan Bermedsos
Kapolri Sebut Erupsi Sinabung Sebagai Berkah Tekanan Membuat Kita Bangkit Lebih Kuat
Kapolri Hadiri Bhakti Kesehatan dan Bhakti Sosial Pengungsi Sinabung

Leave a Reply