Home > Budaya > Menggali Potensi Wisata Siantar

Menggali Potensi Wisata Siantar

Kepala Dinas Pariwisata Pematangsiantar, Fatimah Siregar saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/11).

Sorotdaerah.com – Sejak Danau Toba menjadi salah satu sorotan pengembangan pariwisata Indonesia, pemerintah kota Pematangsiantar terus berbenah untuk mengambil peluang mengembangkan wisata lokalnya.

Kepala Dinas Pariwisata Dra Fatimah Siregar mengatakan penting sekali menangkap peluang pengembangan potensi wisata lokal Kota Pematangsiantar. Menurutnya Siantar punya potensi wisata unggul dengan daya tarik tersendiri. “Kita mengambil peluang ketika Danau Toba menjadi perhatian nasional bahkan dunia dari sektor pariwisata,” katanya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat (3/11).

Posisi Siantar terbilang strategis karena tidak terlalu jauh dari Danau Toba dan dekat ke Medan serta bandara Kualanamu. Posisi ini diyakini dapat menjadi daya tarik bagi para pelaku wisata. Peluang ini pula yang akan dimanfaatkan dalam mengembangkan sektor pariwisata di Siantar. Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas pariwisata sedang mempersiapkannya.

Lebih jauh perempuan berkerudung ini mengatakan, sekarang Dinas pariwisata sedang mengkaji tentang potensi apa saja yang ada di Siantar yang layak jual ke pelaku wisata. Termasuk potensi daerah destinasi wisata. “Siantar mempunyai potensi destinasi wisata yang cukup menarik. Sepasti wisata kuliner dan budaya. Ini perlu dikelola dengan baik. Kami persiapkan betul, sehingga kemasannya lebih baik dan pelaku wisata berhasrat singgah di Siantar,” terang Fatimah.

Salah satu potensial dikembangkan adalah kuliner. Sehingga jika pengelolaannya optimal, menurutnya, dapat memberikan kontribusi positif. “Nah, inikan perlu strategi khusus untuk mengemasnya, maka kami akan coba persiapkan dan rancang dengan matang. Jika nanti dipersiapkan baik, kami  berharap pelaku wisata yang mengunjungi Danau Toba akan mampir ke Siantar untuk bersantap,” katanya memprediksi.

Dinas Pariwisata yakin betul Pemko Siantar mampu menangkap peluang emas ini. Tidak ada jalan lain selain mempersiapkan diri dengan matang, baik dalam bentuk menyusun kalender pariwisata dan membenahi infrastruktur pendukung lainnya.

“Masih dalam tahap mengkaji dan kami berharap akan segera selesai. Kami akan libatkan masyarakat, apakah pelaku wisata dan penggiat budaya untuk menggali potensi wisata di Siantar ini,” pungkasnya. (JO)

You may also like
Sembilan Atlet Kungfu Siantar Bertarung Rebut Piala Kapoldasu di Medan
Perebutkan 30 Kursi, 367 Caleg Bertarung Di Siantar
Jelang Pemilu 2019 Kapolres Pimpin Apel Pasukan Keamanan
KPU Siantar Gelar Bimtek Pelaporan Dana Kampanye
Pemilihan Umum 2019, KPU Siantar Tetapkan 170.035 Pemilih
Pembangunan GOR Harus Perhatikan Prasarana Olahraga

Leave a Reply