Home > Daerah > Naik Helikopter, Kapolda Sumut Tinjau Sejumlah Titik Banjir

Naik Helikopter, Kapolda Sumut Tinjau Sejumlah Titik Banjir

Sorotdaerah.com- Kapolda Sumut, Irjen pol Paulus Waterpauw menaiki helikopter guna mengecek dan meninjau di sejumlah titik lokasi banjir di wilayah Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, pukul 12.30 WIB, Kapolda beserta rombongan berangkat dari landasan udara Soewondo menggunakan helikopter. Pukul 12.45 WIB, Kapolda beserta rombongan meninjau langsung titik-titik lokasi banjir. “Pukul 14.20 WIB Kapolda beserta rombongan mendarat di Lanud Soewondo,” kata Rina, Selasa (5/12).

Rina menyebut titik lokasi banjir yang ditinjau Kapolda antara lain Kabupaten Langkat diantaranya Desa Pematang Cengal Barat dan Desa Mekar Makmur. Sedangkan di Kota Medan banjir ada di Kecamatan Tanjung Morawa, Jalan Sisingamangaraja, KM 11. Titik banjir di Kabupaten Serdang Bedagai antara lain Desa Aras Panjang dan Desa Martebing. Sedangkan di Kota Tebing Tinggi, titik banjir ada di Kecamatan Padang Hulu, Bajenis, Tebing Tinggi Kota dan Rambutan.

“Kemudian Kota Pematang Siantar, Kelurahan Pondok Sayur dan Tanjung Tongah, serta Kabupaten Simalungun, Kecamatan Bosar Maligas, Dolok Batu Nanggar dan Huta Bayu Raja,” sebutnya.

Lokasi banjir.

Lebih jauh Rina mengatakan, tujuan tinjauan dari udara ini untuk mengecek keadaan terkini titik-titik banjir di wilayah Sumut dan juga meninjau keberadaan personel yang melakukan kegiatan SAR di lapangan dalam membantu evakuasi maupun rehabilitasi pasca banjir.

Kegiatan juga bertujuan mengecek keadaan arus lalu lintas di sekitar daerah-daerah yang terkena dampak banjir,” tandasnya.

Banjir di Tamora

Sementara itu, amatan di lapangan, arus lalu lintas Medan-Tanjung Morawa masih macet akibat genangan air di jalan raya di depan markas Polda Sumut dan sekitarnya.

Rina Ginting menyebut, terdapat dua lokasi banjir diantaranya di depan Perumahan Rivera dan depan gerbang pintu keluar markas Polda Sumut.

“Petugas gabungan Sabhara dari Senin pagi hingga sekarang masih terus stand by dan menggunakan sistem piket untuk mengatur arus lalin. Saat ini, jalanan terus padat hingga ke fly over amplas,” kata Rina.

Polda Sumut mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari kemacetan yang parah dari fly over sampai perbatasan Kota Medan-Deli Serdang. Masyarakat dianjurkan untuk memilih jalur alternatif lainnya sehingga tidak terjebak macet.

Petugas masih berupaya mengurai kemacetan dan mengantisipasi kendaraan yang mogok akibat banjir. “Kami siap memberikan pelayanan untuk masyarakat,” pungkas Rina. (LS)

You may also like
Menjadi Gubsu, Djarot Sihar Pelayan Rakyat
Menuju Birokrasi Sumut Berparadigma 4.0
Kasus Helikopter Kini Ditangani Baharkam Polri
Helikopter Polri Dipakai Pengantin Broker Bayar Tarif Sewa 120 Juta
Sehari, 2 Kebakaran Hanguskan 7 Rumah
Helikopter Dipakai Pengantin, Poldasu Akui Ada Pelanggaran Prosedur

Leave a Reply