Home > Daerah > Pakar Genetika Bahas Pelestarian dan Perlindungan Genetik Ayam Indonesia

Pakar Genetika Bahas Pelestarian dan Perlindungan Genetik Ayam Indonesia

Bogor, Sorotdaerah.com- Dalam rangka memajukan peternakan ayam asli Indonesia, para pakar genetik peternakan berkumpul dalam sebuah forum diskusi bertajuk Pelestarian dan Perlindungan Terhadap Genetik Ayam Asli Indonesia di Hotel Salak The Heritage, Bogor, Senin (22/5).

Diskusi ini adalah rangkaian kegiatan Duta Ayam Lokal Indonesia yang didukung JAPFA Foundation. JAPFA Foundation adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial kewirausahan. Tujuan diskusi ini adalah mengumpulkan para pemangku kepetningan dari pemerhati ayam lokal, kalangan dan para pengusaha di industri ayam lokal, untuk menggali ide dan gagasan pengembangan dan pelestaraian ayam lokal Indonesia.

Head of JAPFA Foundation Andi Prasetyo menuturkan, mellaui diskusi ini kami ingin mendapatkan berbagai masukan untuk peta jalan pelestarian dan pengembangan ayam asli Indonesia yang sehat, sebagai salah satu penghasil protein hewani berkelanjutan yang berkontribusi terhadap ketahanan pangan nasional.

Duta Ayam Lokal Indonesia Ade M Zulkarnain dalam sambutannya mengeluhkan bahwa perhatian terhadap potensi sumber daya genetik ayam lokal masih minim. “Pemerintah hanya berfokus pada pengembangan sapi, sementara ayam lokal hanya sebagai pelengkap saja,” katanya.

Melalui diskusi ini, Ade berharap agar pemerintah dan perguruan tinggi memerhatikan potensi dan pengembangan ayam lokal. “Pemerintah hanya berfokus pada pengembangan peternakan sapi. Sementara itu ada 57 fakultas peternakan di Indonesia tetapi tidak banyak penelitian yang dilakukan terhadap ayam lokal,” keluhnya dihadapan para hadirin.

Para pakar genetika yang hadir adalah Prof. Sofjan Iskandar (Balai Peneliti Ternak, Kementerian Pertanian), Prof. Edy Kurnianto (Undip), Prof. Cece Sumantri (IPB), Prof. Widjastuti (Unpad), Dr. Ir Sutopo (Undip), Dr. Ir. Tike Sartika (Balitnak), Dr. Ir. Indrawati Asmara (Unpad), Dr. Ir. Rusfdira (Unand), dan Dr. Ir Eka Handayanta (UNS).

Forum diskusi ini rencananya dilanjutkan dengan konsorsium untuk membuat peta jalan pelestarian dan perlindungan ayam lokal. (Febroni).

You may also like
Beternak Ayam Raup Omset 2 Juta Perbulan, Tertarik?

Leave a Reply