Home > Daerah > RUMATA Bersama Petani, Wujudkan Taput Lumbung Pangan

RUMATA Bersama Petani, Wujudkan Taput Lumbung Pangan

Sorotdaerah.com – Rumah Tani Tapanuli (Rumata) melaksanakan pelatihan manajemen ternak ayam dan pembuatan vaksin organik bersama masyarakat petani yang tergabung dalam beberapa kelompok tani di Desa Pancur Batu, Kecamatan Adiankoting, Tapanuli Utara, Sabtu (29/7).

Ketua Umum Rumata Rijon Manalu menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan ternak ayam merupakan bagian dari program Rumata sebagai wujud untuk meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) petani, sebagaima visi Rumata untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Rumata konsisten untuk memperjuangkan hak-hak petani dan mendampingi petani serta melakukan penguatan kapasitas kepada petani demi terwujudnya petani yang sejahtera, mandiri dan berdaulat,” kata Rijon.

Taput akan terwujud sebagai lumbung pangan, lanjut Rijon akan terwujud bila petani bersatu, kuat, mandiri dan berkualitas dalam usaha pertaniannya. “Untuk itulah Rumata akan selalu hadir untuk mendampingi petani di Kabupaten Tapabuli Utara,” tutupnya.

Peserta yang hadir merupakan masyarakat petani ternak ayam baik sudah memulai maupun yang sedang merencanakan usaha peternakannya dari desa Pancur Batu, Pancur Batu Dua dan Pancur Batu Tiga.

Kepala desa Pancur Batu, J. Hutapea menyampaikan terimakasih atas kegiatan pelatihan Rumata. “Kami masyarakat sangat merindukan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat agar paham melaksanakan kegiatan usaha ternak ayam sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Beliau juga mengajak para peserta agar mengikuti pelatihan dengan serius dan berkomitmen untuk menerapkan ilmu yang didapat dalam usaha ternak ayam.

Narasumber Citya Simanjuntak yang adalah alumni pertanian USU dan telah menggeluti usaha pertanian dan ternak ayam memaparkan secara teori dan memandu langsung praktek pembuatan pakan organik yang sangat membantu petani. Sedangkan narasumber lainnya, Supryadi Cristanto Manalu, alumni fakultas peternakan Unibersitas Andalas itu memberikan materi menejemen ternak ayam dan memandu pembuatan vaksin organik. (RO)

You may also like
Dinilai Lambat, PP GMKI Desak Pemprovsu Serius Bangun Bandara Silangit
Hati dan Tangan Tapak Kuda

Leave a Reply