Home > Daerah > Satwa Langka Tapir Ditemukan Di Labuhanbatu

Satwa Langka Tapir Ditemukan Di Labuhanbatu

Sorotdaerah.com- Seekor tapir diperkirakan berbobot 150 kg dengan tinggi satu meter dan panjang 2 meter ditemukan berkeliaran di lokasi pekuburun cina, Kampung Kristen Kelurahan Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumut, Senin (18/12).

Satwa langka itu sempat menjadi tontontan warga Kotapinang. Mereka bertanya-tanya kenapa ada tapir berkeliaran di kampung warga padahal jauh dari hutan? Ada apa ini? Apakah hutan habitatnya sedang rusak parah sehingga hewan langka pun masuk ke pemukiman manusia?

Satwa unik ini pertama kali ditemukan oleh Frengki Samosir, warga setempat. Frengki kemudian memberitahukan hal itu kepada warga sekitar, lalu warga kampung kristen menangkap dan mengikat hewan tersebut.

Awalnya Frengki mengira hewan tersebut adalah babi hutan. Setelah dilihat secara seksama, ternyata hewan tersebut memiliki dua warna yakni separuh badannya hingga kepala berwarna hitam dan dari perut ke ekornya berwarna putih. “Saya sangat  terkejut dengan adanya Tapir berada di perkampungan kami ini,” katanya.

Dengan ditemukannya hewan tersebut, warga sempat heboh. Warga lalu melaporkannya ke dinas  BPBD, dinas kehutanan, dan dinas peternakan. Atas informasi tersebut, dinas kehutanan turun ke lapangan mengecek hewan langka tersebut. Ternyata tapir itu mengalami luka di badannya, sehingga ia harus diobati.

Tapir tersebut lalu dibawa ke pusat kesehatan hewan di Desa Pekan Topan Kecamatan Kampung Rakyat, untuk diobati.

WWF-Indonesia melansir satwa ini terkenal soliter & sensitif terhadap keberadaan manusia. Tapir (Tapirus Indicus) tinggal di hutan dataran rendah, salah satunya hutan di Taman Nasional Tesso Nilo & Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Sumatera. Hanya tersisa empat jenis tapir di dunia–semuanya dalam status Terancam Pundah di Daftar Merah IUCN. (LS)

You may also like
Bus Bintang Utara Kontra Medan Jaya di Labuhan Batu 4 Tewas 5 luka
Sejumlah SPBU di Siantar Kehabisan Premium dan Solar

Leave a Reply