Home > Daerah > Siantar Tetapkan Status Suspect Difteri

Siantar Tetapkan Status Suspect Difteri

Sorotdaerah.com-Pemko Pematangsiantar menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit difteri, keputusan itu diambil karena munculnya satu pasien setelah diuji klinis dan dinyatakan suspect difteri, hal tersebut disampaikan kadis kesehatan dr. Ronal Saragih didampingi staf dari dinas kesehatan Pemprov Sumut, dr. Kristinus Saragih MKM di kantor dinas kesehatan jalan Sutomo, Selasa (6/2).

Setelah didapatkan hasil uji klinis dan dinyatakan suspect difteri terhadap 1 orang pasien warga Jalan Kabanjahe kelurahan Kristen kecamatan Siantar Selatan yang dirujuk ke Rumah Sakit Adam Malik Medan.

Dirinci, dr. Ronald, protap KLB sesuai dengan permenkes RI nomor: 1501/MENKES/PER/X/2010 yang menyatakan, dengan ditemukannya 1 saja pasien suspect difteri maka dinyatakan KLB, untuk itu menurutnya langkah yang akan dilakukan adalah melakukan ORI (Outbreak response immunization) terhadap warga Lingkungan I, Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar Selatan.

Mulai hari ini tim kita sudah melakukan pendataan bagi anak usia 2 bulan hingga umur 18 tahun yang akan kita vaksin didaerah itu, katanya. Setelah didata kita akan melakukan vaksin pada Jumat(9/2) ini didaerah tinggal pasien tadi, tambahnya.

Sementara itu staf ahli Walikota bidang pemerintahan Drs. Pardamean Silaen mengatakan, “seluruh puskesmas dan pustu (puskesmas pembantu) beserta jajaran kecamatan akan siaga 24 jam dengan status KLB untuk melaporkan bila ditemukan kasus difteri diwilayahnya”.

Kepada masyarakat dihimbau untuk turut memberikan informasi bila ditemukan pasien dengan gejala difteri, penyakit difteri bisa disembuhkan untuk itu masyarakat diminta untuk tidak panik,” harap dr.Ronald mengakhiri.
(DS).

You may also like
Siantar Berstatus Suspect Difteri
Sepuluh Rumah Dilalap Api di Siantar
Kepala Dinsos Berkelit Soal Beras Sejahtera
Kantongi Narkoba, Pria ini Terjaring Razia
Kaspendi Sembiring Jabat Panitera PN Siantar
KPU Coklit Data Wakil Walikota Siantar

Leave a Reply