Home > Anak > SMPN 9 Binjai Wujudkan Pendidikan Demokrasi

SMPN 9 Binjai Wujudkan Pendidikan Demokrasi

Sorotdaerah.com-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Binjai mengadakan pendidikan demokrasi bagi siswanya. Hal itu diwujudkan melalui pemilihan ketua Organisasi Intra Siswa (OSIS) dengan cara pemilihan umum (Pemilu) di SMPN 9 Binjai, Kamis (24/1).

Sebanyak 505 siswa/i mengikuti Pemilu untuk memilih 14 kandidat ketua OSIS.

Para siswa sedang menggunakan hak pilihnya.

Pemilu ini berlangsung layaknya pemilihan kepala daerah pada umumnya.

Setiap siswa mendapat kertas suara dan masuk ke bilik suara untuk mencoblos. Hak suara digunakan secara rahasia. Mereka belajar menggunakan hak suaranya sejak usia sekolah.

Sebelum siswa memilih calon ketua OSIS, terlebih dahulu para calon mengutarakan visi misinya di depan semua siswa.

Kepala Sekolah SMPN9 Binjai, Dirham Siregar S.Pd mengatakan pemilu ini bentuk pembelajaran pendidikan demokrasi bagi siswa sejak dini. “Mengingat tahun ini adalah pesta demokrasi bagi kita, perlu kita beri pendidikan kepada siswa tentang pemilihan Presiden, Wakil Presiden, Kepala Daerah dan Wakil Rakyat,” kata Dirham saat pembukaan pemilu tersebut.

Hal sama juga diutarakan Ketua OSIS periode 2018/2019, Tata Amila. Ia menuturkan pemilu itu bertujuan untuk memilih ketua OSIS dan belajar menggunakan hak suaranya. “Sejak sekarang kita harus tampil sebagai generasi cerdas untuk menggunakan hak pilih,” tuturnya.

Ketua Panitia Komisi Pemilihan Umum (KPU) sekolah, Dinas Suryawardana mengungkapkan pemilu tersebut dipersiapkan dengan baik. “Kami diberi waktu 10 hari mempersiapkan kegiatan ini. Selain itu sekolah juga memfasilitasi semuanya,” ungkapnya.

Panitia dibimbing oleh Elisabet Surbakti, S.Pd dan Yellia, S.Pd selaku guru di sekolah tersebut.

Perlu untuk diketahui pemilihan ketua OSIS ini sudah ke-8 kalinya dilaksanakan.

Ini daftar pengurus OSIS SMPN 9 Binjai, ketua OSIS Frengky, Wakil Ketua Ali Wardana, Sekretaris Riri Rosidah dan Bendahara Mutiara Nazwa. (LS)

 

You may also like
Melawan Upaya Delegitimasi Pemilu
DPTHP Pematangsiantar Final
SMPN 9 Bentuk Sanggar Seni Bunga Tanjung
Sejumlah Siswa Perguruan Taman Siswa Kesurupan
Jelang Pemilu 2019 Kapolres Pimpin Apel Pasukan Keamanan
Memperkuat Partisipasi Masyarakat Demi Pemilu Berkualitas

Leave a Reply