Home > Daerah > Sungai Meluap Lantakkan 5 Hektar Sawah, 21 Rumah

Sungai Meluap Lantakkan 5 Hektar Sawah, 21 Rumah

Sorotdaerah.com- Sekian hektar lahan persawahan dan permukiman penduduk rusak dilanda air sungai Sigumbang dan sungai Sidompak yang meluap, Kamis (16/11) malam. Kedua air sungai itu berpangkal dari air terjun Sipiso-piso dan hutan kawasan PT MIL gunung Sibuatan.

Aek Sigumbang dan Aek Sidopak ini mengalir melintasi Desa Tongging ke Danau Toba Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Luapan air dari kedua sungai mengakibatkan lahan pertanian beserta tanaman bawang dan cabai milik warga mengalami kerusakanĀ  dan gagal panen.

Tak hanya itu, luapan air sungai tersebut juga menggenangi pemukiman penduduk. Sehingga sejumlah rumah warga tergenang air dan materil batu dan lumpur. Bahkan daerah wisata Tongging rusak bangunan bronjong juga ikut rusak dan longsor.

Beberapa hal yang rusak diantaranya, lahan pertanian yang dilanda air seluas 5 hektar, landmark Tongging dan lampu jalan, bangunan bronjong PUPR sepanjang sekira 200 meter. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar.

Sedangkan 21 rumah warga yang rusak diantaranya, milik:
1) PALEN GIRSANG.
2) KENEN SIALOHO
3)JUMADI SITUNGKIR
4) HAKIM.MUNTHE
5) JANNER MUNTHE
6) HOT RAYA MUNTHE
7) LINDA BR MUNTHE
8) PANDAPOTAN SILALAHI
9) BISON SIDEBANG
10) T TARIGAN
11) SARUDIN MANIHURUK
12) ROLAS SIDEBANG
13)JONSON SITUNGKIR
14) JONTER SIMANJORANG
15) MALIK SIJABAT
16) TORANG SILALAHI
17) JONSIN SIJABAT
18) ALENG SIDEBANG
19) SARDI SITUNGKIR
20) ERNI BR SIJABAT
21) JANSIUS SITUKKIR

Muspika Kecamatan Merek telah berkoordinasi supaya dinas PU menghadirkan alat berat untuk mengangkat bahan materil batu kedua sungai guna menormalisasi sungai.

Sedangkan perumahan warga yang terkena genangan air berlumpur sudah mulai dibersihkan. Hingga saat ini Muspika Kecamatan Merek masih berada di lokasi untuk tetap memonitor situasi.

Situasi akibat luapan Aek Sigumbang dan Aek Sidoppak di Desa Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo kegiatan masyarakat berjalan seperti biasanya serta situasi dalam keadaan aman dan baik. (LS)

You may also like
Gara-gara Tulisanya, Pria Ini Dilaporkan Ke Polisi
Rajin Nulis, Pria Ini Diciduk Polisi
Lagi Asyik Seruput Kopi, Lelaki Ini Tikam Orang Satu Kampungnya
Gempa Bumi Tektonik Terasa Di Karo
Jokowi Tinjau Siosar
Miliki 2 Paket Sabu, 2 Warga Sergei Ditangkap Di Karo

Leave a Reply