Home > Daerah > Uang Kuliah Unimed Murah Sekali

Uang Kuliah Unimed Murah Sekali

Medan, Sorotdaerah.com- Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Medan Prof Dr Abdul Hamid mengatakan uang kuliah tunggal (UKT) di Unimed murah sekali.

Ia memerinci biaya kuliah tunggal di Unimed murah, yakni rata-rata berkisar Rp 3,5 juta per semester. Bahkan dari 5.000 mahasiswa baru yang diterima setiap tahunnya, 1.000 orang lainnya membayar UKT sebesar Rp 500 ribu-Rp1 juta per semester.

“Dari mana disebut mahal? Ini uang kuliah murah sekali,” ujarnya di Medan, Rabu (19/4).

Prof Abdul Hamid mengakui, besaran pembayaran UKT tersebut tergantung masing-masing program studi (prodi), dan UKT berkisar Rp 500 ribu-Rp1 juta per semester adalah untuk prodi di luar ilmu eksakta.

“Eksakta itu biaya kuliah tunggalnya Rp 9 jutaan per semester, ini karena termasuk dengan biaya praktikum dan praktik lapangan. Eksakta ini paling banyak praktiknya,” sambungnya.

Tetapi, BKT tidak sepenuhnya dibebankan kepada mahasiswa. BKT adalah total jumlah biaya kuliah bagi setiap mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Sedangkan UKT adalah uang kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa. “Mahasiswa di PTN setiap tahunnya mendapatkan subsidi dari pemerintah, yakni melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Sejenis dana Bantuan Operasional Sekolah,” timpalnya.

Abdul Hamid menambahkan, setiap tahun penerimaan mahasiswa baru Unimed menerapkan program beasiswa, yakni biaya pendidikan mahasiswa miskin berprestasi (bidikmisi). Lebih dari 800 orang masuk ke dalam beasiswa ini.

Mahasiswa yang masuk dalam Bidikmisi, murni dibiayai seluruhnya oleh pemerintah. “Meski sudah ada BOPTN, tetap tidak menutupi biaya operasional Unimed, dengan UKT yang rata-rata hanya Rp500 ribu per semester. Karena itulah kita sampaikan secara transparan kepada masyarakat, bahwa meski tidak mencukupi, Unimed masih tetap komit meningkatkan layanan yang prima. Apalagi dalam tahun ini, pemerintah melarang PTN menaikkan UKT,” tandasnya. (JS/Rel)

You may also like
Dosen Unimed Diseminasikan Modul 3
Dosen Muda Unimed Dilatih Pembelajaran Berbasis Saintifik
Syawal Gultom: “Mahasiswa Musti Ubah Cara Belajar”
Uang Kuliah Unimed Turun, Jadi 3 Juta

Leave a Reply