Sorotdaerah.com – Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt Agustinus Purba, MA memiliki pandangan yang sangat personal terhadap sosok Pdt. Dr. Deonal Sinaga.

Agustinus Purba bergaul karib dengan Deonal. Persahabatan mereka berlangsung sejak lama. Jalinan persahabatan itu dimulai ketika Agustinus bertemu Deonal di Bethel, Jerman dalam rangka tugas belajar. Sejak pertemuan di sana, persahabatan mereka makin erat dan berlanjut hingga hari ini.

Tak ragu-ragu, Agustinus menuturkan kontribusi Deonal dalam penuntasan studinya di Jerman. Agustinus merasakan kehadiran Deonal yang dengan tulus hati mendukung dan memotivasinya belajar di sana. Agustinus merasakan betul bagaimana Pendeta Deonal benar-benar mampu mempersatukan para peserta dan memotivasi semuanya agar menuntaskan studi mereka tepat waktu.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pendeta Deonal, hari ini mengingatkan saya bagaimana Pendeta Deonal memberikan dorongan motivasi sehingga saya dapat menyelesaikan studi saya,” ujarnya.

Pdt Dr. Deonal Sinaga

Tidak hanya saat di Jerman. Dalam kiprah di tanah air, Agustinus juga sering berhubungan dalam berbagai urusan pelayanan khususnya dalam mengurus dan melayani para pengungsi korban erupsi gunung Sinabung, di Tanah Karo. “Kami sangat merasakan kehadiran Bapak Pendeta Deonal. Bagaimana tokoh-tokoh pemuda juga dia libatkan pada waktu itu. Peran pemuda gereja di pos-pos pengungsian sangat membantu. Ini luar biasa, apa yang digerakkan pendeta Deonal,” ujarnya.

Begitu juga ketika Deonal sempat melayani sebagai Pendeta Resort di HKBP Cinta Damai, Medan, Pendeta Agustinus yang juga bertempat tinggal di sana merasakan dan menyaksikan langsung bagaimana penggembalaan jemaat yang dikerjakan oleh Deonal Sinaga.

“Kebetulan, saya juga tinggal di Cinta damai, saya melihat bagaimana seluruh jemaat cukup mendapatkan pelayanan yang luar biasa dari seorang doktor yang rendah hati, pelayan hamba Tuhan, yang walaupun pernah melayani di Jerman, tetapi ditempatkan di satu jemaat yang tidak begitu besar, ia tetap melayani dengan rendah hati dan luar biasa,” terang Agustinus.

Pdt Dr. Deonal Sinaga

Dari kedekatan dan relasi pelayanan yang lebih intens, Agustinus semakin menumbuhkan kekagumannya terhadap sahabatnya itu, yakni Pendeta Dr. Deonal Sinaga. “Saya sangat bangga mempunyai seorang teman pendeta Doktor Deonal Sinaga bersama keluarga. Mereka keluarga yang sangat hospitality, keluarga hamba Tuhan yang rendah hati dan menerima siapa saja, tanpa pandang bulu,” puji Agustinus.

Dari pengenalannya yang begitu lama dan persinggungan dalam urusan pelayanan yang intens, Pdt Agustinus menilai jika sosok Pdt Dr. Deonal Sinaga sangat berpotensi untuk menjadi pemimpin yang rendah hati, yang bisa mengapresiasi dan menghargai semua potensi yang ada di jemaat.

“Kiranya Tuhan tetap menyertai dan memberikan berkah kepada Pdt Dr Deonal Sinaga, dalam meneruskan pelayanan di gereja, sebagai hamba Tuhan yang rendah hati, hamba Tuhan solider dan hamba Tuhan yang memang benar-benar mampu membaca pergumulan-pergumulan jemaat. Tuhan memberkati,” pungkas ketum Moderamen GBKP itu. (Redaksi)

Tentang Admin

Redaksi

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan