Home > Kolom > Bunga Bangkai di Siantar Dirusak Orang

Bunga Bangkai di Siantar Dirusak Orang

Bunga Bangkai di Siantar Dirusak Orang

Sorotdaerah.com – Sebatang bunga bangkai yang tumbuh di ladang warga, di daerah Pemandian Pulau Batu Pematang Siantar dirusak orang, Sabtu (30/6). Padahal bunga jenis marga Amorphophallus ini termasuk tanaman langka dan dilindungi.

Saat dicek ke lokasi, tampak bagian batang (spadix) pada bunga dipotong dan dibiarkan begitu saja. Padahal pemanfaatan jenis tumbuhan juga harus memperhatikan keanekaragaman dan kelangsungan potensi tumbuhan tersebut.

Pengrusakan ini sangat disayangkan. Sebab, bunga ini jarang-jarang bisa hidup di suatu ekosistem. Asal usul munculnya bunga ini pun perlu untuk diteliti dan dipelajari. Bahkan penting juga untuk dilestarikan. Seandainya tidak dirusak bunga Amorphollus ini bisa dikonservasi dan diperbanyak jumlahnya. Peluang menjadi tempat ekowisata tanaman langka pun bisa diwujudkan di daerah tersebut.

Tak dipungkiri masyarakat sekitar tumbuhan itu hidup menjadi faktor penentu keberhasilan hidup dari Amorphollus. Populasi Amorphollus saat ini sangat rendah. Hal itu dipengaruhi faktor lingkungan tempat tumbuhnya.

Melihat kondisi ini, perlu dilakukan pemahaman kepada masyarakat yang merupakan bagian dari solusi. Perlunya dilakukan komunikasi dengan strategi kemitraan masyarakat untuk mendukung konservasi tumbuhan langka. Hal ini menjadi salah satu cara untuk melestraikan dan mengembangkan potensi tumbuhan melalui konservasi di daerah Amosphollus tersebut dapat tumbuh. (RS)

You may also like
Dari 273 Koperasi di Siantar Hanya 38 Miliki NIK
Lagi-Lagi Mie Berformalin Diamankan Sebanyak 1,5 Ton di Siantar-Simalungun
IWO Serukan Copot Kabag Humas Pemko Pematangsiantar
Walikota Jawab Keluhan Publik Siantar Lewat Aplikasi ‘SiantarSmartCity’
Kurang Hati-hati, Tiga Bus Tabrakan Beruntun
IPAKSI Minta Hefriyansah Berikan Solusi Soal Pedagang Kaki Lima

Leave a Reply