Home > Kolom > Menerima Tangan Kanan Menhan Qatar

Menerima Tangan Kanan Menhan Qatar

Oleh Luhut Binsar Panjaitan*)

RABU (27/12) kemarin, saya menerima Naseer Hasan N. A. Al Naimi, tangan kanan Menteri Pertahanan Qatar, di kantor. Kedatangan Chief of Investment Kemenhan Qatar dan delegasi kali ini adalah tindak lanjut kunjungan saya ke Qatar 2 minggu lalu.

Sangat cepat, karena untuk ukuran kerja sama antar negera biasanya butuh berbulan-bulan kadang, bahkan kadang sampai 1 tahun. Ini menunjukkan besarnya komitmen mereka bekerja sama dengan Indonesia.

Sebenarnya kerjasama 2 negara ini diawali dari perjanjian antara Presiden Jokowi dengan Emir Qatar. Presiden kemudian memerintahkan saya untuk menindaklanjutinya. Hingga pada 10 Desember lalu di Doha, saya bertemu Emir Qatar dan Dr. Khalid bin Mohammad Al Attiyah, Menhan yang merangkap wakil perdana menteri.

Waktu itu disepakati kerja sama bidang pertanian di Kalteng, perikanan di Aceh, wisata di Mandalika termasuk pengembangan bandara Lombok, dan di bidang militer.

Saya sudah membuka jalan, dan setelah ini jadi saya akan serahkan ke Menhan Pak Ryamizard Ryacudu untuk tindak lanjut khusus mengenai kerja sama penelitian persenjataan. Tapi dalam bidang-bidang selain militer, saya akan membantu supervisi sampai membuahkan hasil.

Setelah pertemuan kemarin, saya langsung menelpon Minister Khalid. Sejak berjumpa di Doha, kami jadi berteman. Semua pengaturan pertemuan Indonesia-Qatar diawali pembicaraan via telepon. Hubungan diplomasi begini saya kira dibutuhkan Indonesia untuk bisa maju, tidak hanya terlalu formal kepada surat menyurat tapi juga kontak pribadi dan diikuti administrasi surat.

Dengan demikian, semua kerja sama harus berhasil karena ini sudah menyangkut hubungan pribadi.

 

*) Menteri Kemaritiman Indonesia

Leave a Reply