Home > Kolom > Pemanasan Global, Ilmuan akan Rekayasa Genetik Sapi

Pemanasan Global, Ilmuan akan Rekayasa Genetik Sapi

Sorotdaerah.com – Para ilmuan Amerika Serikat berencana akan melakukan rekayasa genetik pada sapi agar lebih resisten terhadap kenaikan suhu akibat pemanasan global. Proyek penelitian diperkirakan akan menghabiskan dana riset hampir 10 milyar rupiah.

Riset tersebut punya misi untuk mempertahankan kualitas daging sapi. Faktor pemanasan global memang mempengaruhi kualitas daging sapi. Rencananya jenis sapi yang akan diteliti berasal dari kelompok sapi Brangus.

Kenaikan temperatur menurut Dr. Rachel Mateescu dari Asosiasi Profesor dari Departemen ilmu hewan UF/IFAS akan membatasi sintesis protein dalam metabolisme. Dampaknya akan menurunkan kesehatan sapi khususnya di daerah subtropis dan tropis.

Rachel memperkirakan dampak negatif pengaruh suhu panas akan terus meningkat dan produktivitas peternakan di Amerika akan menurun. Ini penting untuk persediaan makanan secara global.

Pada dasarnya, pemanasan global dapat mengubah keadaan dunia. Bahkan berpotensi mengubah materi genetik spesies pada umumnya – termasuk manusia, bahkan dapat mengubah fungsi komponen ekosistem.

Kita cenderung berpikir, lebih logis untuk mengurangi potensi pemanasan global daripada menghadapi konsekuensinya. Namun, jika pada akhirnya kita selalu gagal dengan strategi yang digunakan, maka solusi lainnya adalah mengubah susunan genetik kita atau berpikir seperti film fiksi untuk migrasi ke planet lainnya. (Risya Situmorang)

You may also like
Percepat Populasi Sapi, Dirjen PKH Minta Aceh Genjot Inseminasi Buatan
1.600 Hewan Kurban di Binjai Diprediksi Akan Disembelih
Demi Kenyamanan, Satlantas Simalungun Rekayasa Arus Lalulintas
Senter Tua

Leave a Reply