Home > Olah Raga > Gala Desa Membangun Karakter Tangguh

Gala Desa Membangun Karakter Tangguh

Sorotdaerah.com – Olahraga merupakan keharusan untuk hidup sehat. Dengan olahraga dapat membentuk karakter yang tangguh.

Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah Noor meyampaikan kegiatan Gala Desa dapat meningkatkan sprotivitas dan solidaritas masyarakat Siantar sekaligus membangun karakter yang tangguh. “Dengan gerakan ‘Ayo Olahrag’ diharapkan muncul bibit-bibit olahraga yang potensial untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional dan internasional yang dapat membawa harum bangsa Indonesi,” demikian disampaikan Hafriansyah membaca sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga di lapangan Fakultas Hukum Universitas Simalungun, Selasa (12/9).

Hefriansyah membuka secara resmi Gala Desa bersama Asisten Deputi Kemenpora. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan merupakan program dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Hefriansyah, berharap karakter yang tangguh benar-benar terwujud jika semua masyarakat merasa terpanggil meningkatkan partisipasi olahraga dengan melakukan sosialisasi olahraga, kompetisi ditingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, bahkan tingkat nasional. “Oleh karena itu saya mengajak semua komponen membangun kebersamaan, kekompakan serta ketekunan, dan tekad spirit bersatu padu untuk memajukan prestasi olahraga kita khususnya di Siantar dan Indonesia pada umumnya,” ajaknya.

Olahraga bukanlah hanya sebuah kompetisi semata, namun sebuah kebutuhan hidup untuk seseorang, karena dengan berolahraga akan memperoleh kesehatan. Olahraga merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan kita, karena olahraga merupakan aspek yang dapat menempa rasa kebanggaan, rasa kebangsaan. “Selain itu, dengan Olahraga dapat memperkokoh persatuan dalam mengorbankan semangat perjuangan bangsa. Dengan olahraga kita dapat membangun sifat jujur, sportif dan jiwa kesatria,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Fatimah Siregar didampingi Ketua KONI Pematangsiantar Jayadi Sagala meyampaikan semangat berolahraga menjadi salah satu alat pemersatu bangsa tanpa memandang adanya perbedaan.”Olahraga yang diikuti oleh masyarakat dari berbagai suku bangsa ini bukan lagi berbicara terkait dari mana kita berasal. Melainkan lebih ditekankan bagaimana kita bisa meraih suatu kemenangan tanpa mengesampingkan suatu aturan pertandingan yang sudah ditentukan,” sebutnya.

Disampaikannya, Gala Desa merupakan salah satu program Ayo Olahraga dari Kemenpora. Program ini sengaja dirancang untuk menambah kebugaran dan kesehatan dari masyarakat Indonesia.

Acara pembukaan dihadiri oleh mewakili Kemenpora, Drs. Wisler Manalu, MM selaku Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda pada Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, President Boms Rijal Ginting, Ketua Yayasan USI Amsar Saragih, Sejumlah kepala SKPD Pemko Pematangsiantar dan ratusan atlet bela diri yang bergabung dalam SBBC (Siantar Black Belt Community) yang menaungi beberapa aliran beladiri yang tampil menunjukan kebolehannya.

Acara pembukaan ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Walikota Herfriansyah dan Asisten Deputi Kemenpora. Selanjutnya dilakukan pertandingan cabang olahraha sepal bola antar kesebelasan Kelurhan Marihat Jaya vs Kelurahan Bahkapul. (JO)

Leave a Reply