Home > Kolom > Djarot-Sihar, Bersinarlah!

Djarot-Sihar, Bersinarlah!

Selamat datang di Sumut Pak Djarot dan Bang Sihar. Ini Sumut.

Kata orang, Sumut kependekan dari Semua Urusan Mesti Uang Tunai. Sungguh sebuah akronim yg sangat menghinakan Sumut, tetapi faktanya demikian. Uruslah urusan di mana-mana, semua penuh dengan kutipan, umumnya tak resmi. Jabatan punya harga, kursi ada nilainya, apalagi jika itu menyangkut posisi strategis dan basah.

Pak Djarot dan Bang Sihar, berpikirlah bagaimana mengubah ini.

Sumut tak perlu slogan keren. Tak perlu arogansi sok hebat macam calon yang satu itu, seolah dia terhebat di Indonesia. Tak perlu meniru-niru jejak kandidat lain yang seolah membangun Sumut seperti membalikkan telapak tangan. Sudah bertahun-tahun Sumut ini begini-begini saja. Salah satu kuncinya karena Gubernur dan Wakil Gubernurnya tak tahu apa yang hendak diubah dan seperti apa wujudnya.

Sumut harus diubah menjadi lebih baik dalam hal uang-uang ini.

APBD Sumut yang nilainya 12-13 trilyun rupiah itu kebanyakan habis ke kantong pejabat. Menguap alias mago. Bagaimana tidak? Di masa Gatot saja, APBD digunakan untuk membiayai kegiatan yang tak berhubungan sama sekali dengan kepentingan masyarakat Sumut. APBD digerogoti untuk menyuap dan menyogok legislatif setiap tahunnya. Rakyat Sumut dapat apa? Gigit jari doang. Setiap tahunnya kita tahu beragam kegiatan Pemprov Sumut dilakukan. Tetapi sebagian besar habis digunakan untuk perjalanan dinas para pejabatnya. Rakyat Sumut dapat apa? Gigit kuku jari doang. Uang rakyat Sumut habis disia-siakan untuk kegiatan yang lebih sering seremonial dan hanya untuk kepentingan pejabat semata.

Ini persoalan pemimpin.

Sumut ini sudah salah urus sejak dari pimpinan tertingginya. Maka Pak Djarot dan Bang Sihar, jadilah pimpinan yang berani melakukan terobosan. Ini momentum emas, supaya Sumut tak lagi begini-begini saja. Rakyat Sumut sesungguhnya hari-hari ini bekerja, beraktifitas, ke sekolah, ngantor, jualan, semuanya dilakukan tanpa arahan pemimpin. Rakyat Sumut sudah terbiasa tak punya pemimpin yang melayani, tempat mengeluh dan tempat menyampaikan uneg-uneg. Sesungguhnya, sudah lama Sumut ini tak punya pemimpin.

Maka jadilah the real leader untuk Sumut.

Ubahlah Sumut ini menjadi provinsi yang terpimpin dalam segala hal, sehingga masyarakatnya maju dan bangga karena Sumut tak lagi identik dengan uang, uang dan uang.

Ayo Pak Djarot dan Bang Sihar, wujudkan Sumut yang tak lagi bergelimang korupsi.

Salam Nagabonar.

 

Penulis: Nagabonar Nagabonar

You may also like
KPU Siantar Distribusikan Logistik Pilgubsu
Pilkada Damai dan Bersih Untuk Sumatera Utara
Menuju Birokrasi Sumut Berparadigma 4.0
Komitmen Kebangsaan Djarot Sihar
Menjadi Gubsu, Djarot Sihar Pelayan Rakyat
Menuju Birokrasi Sumut Berparadigma 4.0

Leave a Reply