Generasi zaman sekarang dikenal dengan kemampuan mereka yang multitasking. Mereka super sibuk sehingga harus mengerjakan banyak hal di waktu yang bersamaan. Hal inilah yang membuat dunia podcasting dapat berkembang dengan sangat cepat karena kita dapat mendengarkan podcast sambil mengerjakan hal lain.

Selain itu, dari mendengarkan podcast kita juga mendapat banyak informasi. Podcast adalah rekaman audio yang dapat kita dengarkan di gawai kita melalui berbagai platform. Di Indonesia platform untuk mendengarkan podcast yang paling diminati adalah spotify.

Kita dapat mendengarkan apa saja melalui podcast karena topik podcast sangat beragam, seperti pendidikan, kesehatan, politik, sosial, komedi, budaya dan banyak lagi. Mendegarkan podcast dapat memberi banyak manfaat bagi pendengarnya.

Banyak orang  beranggapan podcast adalah siaran radio karena produknya berupa audio. Tetapi sebenarnya keduanya berbeda. Perbedaanya, podcast dapat kita dengarkan dimanapun, kapanpun dan bahkan dapat kita putar ulang. Sedangkan radio memiliki waktu siaran tertentu.

Sederhananya podcast lebih fleksibel dibandingkan dengan siaran radio. Podcast berasal dari kata ipod dan broadcasting. Karena pada awalnya podcast memang berasal dari produk apple pada tahun 2001. Tetapi seiring dengan perkembangannya, sekarang kita tidak hanya dapat mendengarkan podcast melalui ipod melainkan dapat melalui berbagai platform seperti spotify, anchor, google podcast dan lainnya.

Walaupun secara global telah banyak orang mendengarkan podcast, tetapi di Indonesia podcast masih belum begitu familiar. Perkembangan podcast di Indonesia bisa dikatakan masih baru yaitu sekitar 2012 dan mulai diminati pada 2018 hingga sekarang.

Perkembangan podcast di Indonesia saat ini hampir mirip dengan perkembangan youtube di awal-awal. Perlahan tapi pasti, berawal dari tidak banyak orang yang begitu mengenal youtube, tetapi sekarang youtube sudah menjadi lapangan pekerjaan. Hal yang sama juga dapat terjadi dengan dunia perpodcastan.

Beberapa faktor yang menyebabkan perkembangan podcast di Indonesia semakin pesat adalah munculnya platform anchor yang menyediakan hosting untuk podcast secara gratis. Hal ini mengakibatkan para pembuat podcast atau dikenal dengan podcaster dapat dengan mudah mendistribusikan podcast mereka ke berbagai platform seperti spotify.

Dengan kemudahan ini para podcaster baru mulai bermunculan dengan berbagai jenis podcast yang sangat beragam. Sehingga para pendengar juga semakin mempunyai beragam pilihan podcast untuk didengarkan.

Selain itu, beberapa artis dan influencer juga membuat podcast mereka sendiri. Hal ini juga merupakan faktor yang menyebabkan perkembangan podcast di Indonesia semakin luas. Karena para penggemar atau orang yang mengikuti mereka di media sosial menjadi tau tentang dunia podcasting dari yang sebelumnya mungkin belum pernah mendengarkan istilah podcast.

Kita hanya memerlukan ide dan kreativitas dalam membuat konten podcast. Jika konten podcast kita didengarkan oleh banyak orang, kita dapat menghasilkan uang. Walaupun podcast belum dimonetisasi di Indonesia seperti youtube, tetapi sebagian podcaster tetap dapat menghasilkan uang. Para podcaster menghasilkan uang dengan cara bekerja sama dengan perusahaan yang mempunyai produk. Mereka mengiklankan produk tersebut kepada para pendengar mereka.

Dunia podcasting dapat menjadi salah satu bentuk ekonomi kreatif di Indonesia. Dimana ekonomi kreatif ini dapat mendukung perekonomian di Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) juga sudah mulai melihat peluang ini di dunia podcasting. Hal ini dapat kita lihat dari kelas online gratis bagi para podcaster di Indonesia yang diselenggarakan oleh kominfo.

Melalui kelas ini para podcaster diajarkan dari hal-hal dasar membuat podcast sampai pada tahap mereka mampu mengembangkan podcast mereka sendiri. Selain itu pada bulan agustus lalu, kementerian lain seperti keuangan juga mengadakan lomba podcast. Dengan adanya dukungan dari pemerintah, tentu akan menjadikan dunia podcasting di Indonesia dapat menjadi lebih baik.

Ini adalah kesempatan baik bagi kita semua. Kita perlu bersama-sama untuk membangun dunia podcasting yang masih baru ini. Podcaster dan para pendengar podcast perlu bekerja sama untuk memperkenalkan dunia podcasting secara lebih luas lagi. Walaupun saat ini podcast di Indonesia masih belum dimonetisasi seperti youtube, tapi ke depan hal itu tentu saja akan terjadi jika dunia podcast semakin luas lagi.

Terkhusus untuk para podcaster, sangat perlu untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan dalam membuat podcast yang bermanfaat bagi para pendengar.  (*)

 

Penulis bergiat di Perhimpunan Suka Menulis (Perkamen)

Tentang Admin

Redaksi

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan