Home > Jalan-Jalan > Mengapa Memilih ke Jepang?

Mengapa Memilih ke Jepang?

Oleh Nando Damanik

WELL, seperti janji saya sebelumnya, saya akan ulas pengalaman unik yang hanya bisa kita temui di Jepang.
Banyak hall unik dan di luar dugaan yang saya lihat dan rasakan di Jepang. Istilah Jepangnya bikurishita koto dibaca: bikurista koto.

Di antaranya:

Pertama, di Jepang ada waktu pembagian buang sampah. Ada sampah yang bisa dibakar, sampah yang tidak bisa dibakar atau sampah basah, sampah botol atau beling juga sampah berupa perkakas rumah tangga–semua ada jadwal untuk pembuangannya. Dan sampah-sampah tadi ditaruh berdasarkan kelompoknya.

Ini alasannya mengapa kondisi di Jepang bersih dan tidak semrawut. Nah, kamu yang berencana ke Jepang siapkan diri dech displin diri dalam buang sampah.

 

Kedua, Jepang terkenal dengan budaya malu, kejujuran dan kesopanan yang luar biasa. Misalnya, ketika kita kehilangan sesuatu di tempat umum. Katakanlah dompet terjatuh di bus. Dalam hari itu juga kita bisa mendapatkannya kembali karena orang yang mendapatkan itu biasanya akan melapor ke pihak berwajib. Lalu, pihak berwajib menghubungi kita atau jika tidak ada alamat yang bisa dihubungi jika kita melapor ke pihak bus yang kita naiki tersebut, pasti mereka akan mencari tahu dan bisa dipastikan dompet tadi akan dikembalikan orang yang menemukannya.

Itu terjadi karena budaya malu dan kejujuran dimiliki Jepang. Mereka akan merasakan jika barang itu tidak dikembalikan oleh orang yang menemukannya bagaimana nanti perasaan si pemilik dompet tersebut. Sungguh suatu kejujuran dan empati yang luar biasa menurut saya!

Ketiga, ini sangat unik. Ketika kita tidak sengaja bersenggolan dengan seseorang waktu di jalan sekalipun itu kesalahan kita, orang Jepang yang lebih dulu meminta maaf kepada kita. Makanya suasana di Jepang sangat nyaman dan tenteram. Itu salah satu yang membuat saya betah di sana.
Keempat, kalau masuk musim panas dan musim dingin cuacanya sangat ekstrem. Pada musim panas, suhu akan mencapai 40 derajat dan dingin akan sampai minus, wahh uda melebihi suhu di kulkas dinginnya.
Pada waktu cuaca seperti itu, perusahaan-perusahaan di Jepang akan meliburkan pekerjanya selama seminggu dan mereka memberikan bonus untuk digunakan selama berlibur. Woow banget kan? Sudah libur dapat bonus pula tuch!

Selama musim panas kita bisa liburan di laut, mancing, mendaki dan lainnya. Bila musim dingin, kita bisa bermain ski, berendam di air panas alami dan menikmati kuliner yang sangat menggiurkan. Kuliner yang paling saya suka disana ramen. Ramen tersedia khusus di musim panas dan musim dingin tapi masing-masing memiliki cita rasa yang berbeda.
Masih banyak lagi hal-hal yang sangat menarik di Jepang, membuat saya gak mau pulang ke Indonesia…haha.

Semua itu bisa kita nikmati di Jepang. Caranya ke Jepang ya ikut program magang ke Jepang. Program magang ke Jepang yang saya ulas di artikel sebelumnya. Sudah dapat kesempatan kerja selama 3 tahun, dan gaji lumayan besar serta menikmati panorama dan keunikan-keunikan di Jepang.
Jadi, ikuti saja prosedur dan seleksinya.

Saya bisa bantu kamu untuk konsultasi apa saja tentang program ini. Jangan segan, bertanya gratis kok. Hubungi saya lewat fesbuk atau no HP atau langsung temui kami di LPK Hiroki. Kami akan jawab segudang pertanyaanmu.

Bantu sebarin info ini ke kawan-kawan, keluarga, tetangga atau siapa yang kamu kenal pengen merantau ke Jepang ya. Arigatou Gozaimasu!

You may also like
Alasan Kuat Magang ke Jepang, Peluang Sukses
Luncurkan Sapuangin Speed 5, ITS Siap Berlaga Lagi di Jepang
Merantau ke Jepang Yuk!
Nikmati Sensasi Berbeda Berwisata di Bukit Cinta Rawa Pening

Leave a Reply