Home > Pendidikan > Mahasiswa Berprestasi Bersihkan Taman di Bantaran Sungai Deli

Mahasiswa Berprestasi Bersihkan Taman di Bantaran Sungai Deli

Sorotdaerah.com – Sedikitnya 120 mahasiswa berprestasi yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GENBI) melaksanakan giat bersih di bantaran sungai Deli, tepatnya di kawasan Lingkungan 13, Kelurahan Glugur Kota, Kecamatan Medan Barat, Rabu (27/12) pagi.

Giat dilakukan sebagai kepedulian kebersihan lingkungan terutama dikawasan batlntaran sungai Deli, yang merupakan salah satu icon kota Medan. Selain melakukan bersih-bersih, para mahasiswa juga membuat taman bermain bagi anak-anak serta warga yang tinggal di bantaran sungai. Selanjutnya menanami pohon hingga membagikan 70 tong sampah kepada masyarakat.

Kegiatan para mahasiswa GENBI ini didukung oleh Bank Indonesia cang Provinsi Sumatera Utara. Dalam kesuksesan kegiatan hingga berjalan lancar, kegiatan tersebut juga disambut baik Kapolsek Medan Barat, Kompol Revi Nurvelani, SH SIK MH yang didampingi Kanit Binmas Iptu Mustar, serta Kepling Gelugur Kota beserta masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Medan Barat, Kompol Revi Nurvelani, langsung hadir ditengah acara. Dihadapan para undangan, Kompol Revi berharap agar kiranya apa yang dilakukan mahasiswa tersebut dapat diciptakan di lingkungannya juga. Selain itu, Revi juga berpesan, agar mahasiswa dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

“Bersih indonesia itu pengertiannya sangat luas, bisa bersih diri, lingkungan, maupun bersih teman hingga bersih hati dan lainnya. BI memilih generasi GENBI karena aktif dan berprestasi, kita apresiasi karena pemuda generasi kita ini jauh dari narkoba, untuk itu kita bangga karena genarasi muda ini. Kita akan terapkan ini dilingkungan kita juga,” sebut Kompol Revi.

Sementara itu, Kepala perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Arief Budi Santoso yang diwakil ibu Dermina beru Sitepu, mengucapkan terimakasihnya kepada Generasi Baru Indonesia (GENBI) yang telah peduli terhadap lingkungan dan dianggap sangat luar biasa karena ditengah kesibukannya sebagai mahasiswa turut peduli masyarakat dengan melakukan bersih Indonesia.

“Gerakan peduli indonesia itu, bukan kegiatan sesaat. Harapan kami, yang kecil dulu yang kita kerjakan namun bisa menjadi boneka salju yang besar dan cantik. Secara continue kita berharap ini juga bisa diterapkan kita dikehidupan kita sehati-hari,” katanya.

Selain pelaksanaan bersih-bersih yang di lakukan para mahasiswa dibantaran sungai Deli, khususnya di Lingkungan 13, BI Sumut bersama mahasiswa GENBI juga menyerahkan 70 tong sampah yang akan dibagikan kepada masyarakat untuk dimanfaatkan supaya membuang sampah pada tempatnya.

“Kepada Adik-adik GENBI, belajar lagi supaya kedepannya lebih baik lagi hingga jadi agen bersih indonesia dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Fahreza Aulia Nasution selaku ketua panitia Genbi, bersama Ketua GENBI Sumut, Billy Kurniawan Nasution mengungkapkan terimakasihnya atas dukungan BI Sumut yang telah mendukung para mahasiswa dalam kegiatan tersebut.

“Terimakasih juga kepada Bapak Kapolsek Medan Barat, Kepling serta masyarakat sekitar dalam suportnya kepada kami. Tak lupa rekan juang anak-anak GENBI yang sedia meluangkan waktunya. Mulai 2 hari kami gotong royong dengan pembersihan aliran pinggirian sungai, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan bernilai ibadah bagi kita semua. Dan ini kali keduanya, tahun lalu kami melakukan pembersihan di kawasan Belawan.

Apa Itu GENBI?

GENBI merupakan singkatan dari Generasi Baru Indonesia yang didalamnya adalah anak-naka mahasiswa berprestasi. GENBI sendiri merupakan mahasiswa yang dinaungi oleh Bank Indonesia.

“GENBI ini bukan hanya ada di Medan, tapi juga ada di Kota lainnya. Kita pilih mahasiswa ini yang berprestasi. Untuk kegiatan ini, ada 120 mahasiswa dari 3 Universitas yakni: UIN, UNIMED dan USU,” jelas Dermina beru Sitepu, didampingi perwakilan BI Provinsi Sumut lainnya, Ibu Elly.

Menurutnya, pemilihan mahasiswi yang tergabung di GENBI tersebut adalah mahasiswa berprestasi dengan unggulan nilai hingga mendapatkan beasiswa dari BI. Untuk selanjutnya, para mahasiswa GENBI sering diikut sertakan dalam setiap kegiatan kemasyarakatan maupun sosialisasi yang dilakukan oleh BI.

“Mereka ini jadi agen bank indonesia. Kalau kita ada acara, baik sifatnya sosialisasi kesehatan atau narkoba, maupun event, kita ajak mereka. Setiap tahunnya mereka diberikan biasiswa. Mereka yang terpilih adalah yang aktif dan berprestasi, kitabtinjau ke kampus mereka dari Semester 4 dengan melihat rekap nilai,” pungkas, Dermina. (AN)

You may also like
Kaprodi, Dosen, Pegawai Dan Mahasiswa Berprestasi Unimed
Antisipasi Banjir, BPBD Binjai Bersihkan Sungai Mencirim

Leave a Reply