Home > Pendidikan > Pelopor Muda Kampanye Sembilan Nilai Antikorupsi

Pelopor Muda Kampanye Sembilan Nilai Antikorupsi

Sorotdaerah.com – Perilaku antikorupsi harus tetap dikobarkan di dalam diri setiap orang. Mengingat perilaku tindak pidana korupsi di Indonesia saat ini semakin merajalela. Jikalau pemberantasan korupsi hanya dilakukan oleh penegak hukum saja, hal ini tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Oleh karena itu masyarakat juga didorong untuk ikut ambil bagian dalam pemberantasan korupsi. Seperti penanaman nilai-nilai antikorupsi pada diri sendiri, dan penyebaran nilai-nilai antikorupsi melalui pendekatan kepada masyarakat.

Salah satu cara yang dilakukan pelopor muda dalam usaha pemberantasan korupsi melalui pencegahan yaitu melakukan kampanye Sembilan Nilai Antikorupsi. Seperti Jujur, Peduli, Mandiri, Disiplin, Tanggung Jawab, Kerja keras, Sederhana, Berani, Adil diruang terbuka. “Kampanye antikorupsi dilakukan setiap minggu pagi di taman-taman kota Medan,” ujar Koordinator Pelopor Muda Hotmar Sipangkar di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (3/9).

David Cristhopel anggota Pelopor Muda, mengatakan, agar perilaku antikorupsi semakin tertanam di dalam diri setiap orang. Pelopor Muda melakukan kampanye dengan memakai perangkat sosialisasi seperti boardgame dan bahan bacaan yang dibuat dan disumbangkan oleh KPK.

Salah satu pengunjung lapak Pelopor Muda, Dayat mengatakan korupsi itu menyusahkan dan merugikan rakyat Indonesia. Oleh karena itu sudah saatnya masyarakat sadar dan harus menanamkan nilai antikorupsi yang dimulai dari diri sendiri dan didalam keluarga. “Masyarakat harus tanamkan nilai antikorupsi, “bebernya.

Lebih jauh, Dayat mengharapkan, penanaman Sembilan Nilai Antikorupsi melalui game itu sangat menarik dimana kita lebih mudah paham tentang perilaku korupsi yang seharusnya dihindari. Kegiatan seperti ini semoga tetap berjalan dan menadapat perhatian dari pemerintah supaya generasi muda lebih terbiasa dengan perilaku antikorup.

Penyampaian Sembilan nilai antikorupsi harus disampaikan dengan cara yang kreatif dan menyenangkan agar mudah dipahami masyarakat. Upaya ini harus dihidupkan kepada semua orang, utamanya anak-anak karena mereka nantinya akan menggantikan para generasi tua ketika tiba waktunya menjadi pemimpin.

Memperluas dan mengintensifkan gerakan kampanye antikorupsi bagi masyarakat, khusus untuk gerakan pencegahan kejahatan korupsi semakin banyak pihak yang terlibat akan lebih baik. “Karena akan menuju sebuah gerakan yang massif dan laten mengingat makin banyaknya kejahatan korupsi di Indonesia,” pungkas Hotmar. (LS)

You may also like
Komunitas Berbasis Kerohanian Harus Melawan Korupsi
Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi Sumut Gelar Mimbar Bebas Dukung KPK
Unimed Bangun Gerakan Antikorupsi
KPK Gembleng 67 Pemuda dengan Karakter Antikorupsi  

Leave a Reply