Home > Pendidikan > Punya KIS, Lima Anak Gowasa Tak Dapat KIP

Punya KIS, Lima Anak Gowasa Tak Dapat KIP

Sorotdaerah.com – Keluar pasangan suami istri Putra Pertolongan Gowasa (36)- Yutiani Talunohi (36), warga Jalan Speksi No 97, Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Helvetia, Medan kesusahan membiayai anak-anaknya. Meski pernah terdaftar sebagai penerima Kartu Perlindungan Sosial dari Kemensos, anak-anak dari keluarga ini sama sekali tak pernah mendapatkan Kartu Indonesia Pintar.

“Suami saya pengemudi beca mesin. Saya sendiri buruh cuci. Saya nyuci ke rumah-rumah orang setiap hari. Upah cuma Rp sejuta per bulan. Ditambah pendapatan suami saya, itulah kami bagi-bagi buat anak-anak,” beber Yutiani saat di temui di kediamannya, di bantaran sungai.

Anehnya, keluarga ini mendapatkan Kartu Indonesia Sehat. Dan semua warga di kawasan pinggiran sungai itu mengenal betul betapa miskinnya keluarga ini. “Kalai dapat KIP kan bjsa sangat terbantulah membiayai anak-anak saya ini. Tolong bantu kami ya Pak,” pinta Yutiani lagi.

Kelima anaknya yakni Priska (15), Marni (14), Jelita (11), Immanuel (6), Nehemia (4). Priska, anak sulung mengatakan selama ini dia tak pernah mendapatkan bantuan apapun untuk meringankan biaya sekolahnya. “Enggak ada bantuan kami dapat Pak,” terangnya.

Ketua Ikatan Pemulung Uba Pasaribu mengatakan, seharusnya keluarga penerima Kartu Perlindungan Sosial otomatis terdaftar dalam KIS dan KIP. “Negara kan sudah mengakui mereka miskin sehingga diberi kartu perlindungan sosial, kenapa sekarang malah sama sekali tak ada bantuan? Ini aparat desanya tak bekerja,” pungkasnya. (JS)

Leave a Reply