Home > Anak > Survey Buktikan Anak Inginkan Orangtua Jauhi Gawai

Survey Buktikan Anak Inginkan Orangtua Jauhi Gawai

Sorotdaerah.com- Jamak kita saksikan orangtua akrab dengan gawai (gadget). Baik di dalam mobil angkutan umum, di pusat perbelanjaan, di rumah, di warung makan dan di banyak tempat, orangtua tak lepas dari gadget. Lantas, bagaimana jika orangtua kecanduan gawai? apakah anak-anak mereka khawatir?

Digital Awareness United Kingdom (DAUK), sebuah organisasi yang peduli pada keselamatan pengguna gawai Inggris, bekerja sama dengan Konferensi para Kepala Sekolah (HMC), menyurvey lebih 700 anak berusia 11 hingga 18 tahun.

Hasil survey itu membuktikan anak-anak kerap meminta orangtua mereka untuk berhenti mengecek gawai. Sebanyak 14 persen anak-anak mengatakan, orangtua mereka sering online pada waktu makan, walaupun 95 persen dari 3.000 orangtua yang disurvei menepisnya.

Hasil lain dari survey itu, 82 persen anak-anak berharap waktu makan harus bebas dari gawai. Sementara itu, 22 persen anak menilai, penggunaan ponsel membuat mereka tak menikmati kebersamaan keluarga, dan 36 persen pernah meminta orangtua mereka untuk meletakkan ponsel mereka di atas meja.

Dari murid yang meminta orang tua mereka untuk menaruh ponsel, 46 perse orangtua mereka mengabaikan permintaan itu, sementara 44 persen diantaranya kesal dan mengacuhkannya.

Sementara survey yang sama namun dengan reponden orangtua menunjukkan, 43 persen orangtua mengaku menghabiskan terlalu banyak waktu untuk kegiatan daring, namun hanya 10 persen yang percaya bahwa perilaku mereka menggunakan ponsel menjadi perhatian bagi anak-anak mereka.

Sebanyak 37 persen orangtua mengatakan mereka online antara tiga dan lima jam sehari di akhir pekan, sementara 5 persen mengaku mereka bisa berkegiatan daring sampai 15 jam sehari selama akhir pekan. (JS/BBC).

You may also like
Melawan Saat Ortu Disebut PSK, Pelajar SMP Pingsan Dihajar IRT Tetangganya
Ortu Kooperatif, Reza Berhasil Diamankan
Pelaku Kejahatan Gentayangan, Rentan Kekerasan Pada Anak

Leave a Reply