Home > Peristiwa > Maraknya Pembobolan Rumah di Wilayah Hukum Percut Sei Tuan

Maraknya Pembobolan Rumah di Wilayah Hukum Percut Sei Tuan

Medan, Sorotdaerah.com – Aksi pencurian dengan pembobolan rumah oleh maling marak terjadi di Perumnas Mandala Percut Sei Tuan akhir-akhir ini.

Teuku Bantayan (30) warga Jalan Penguin III Perumnas Mandala, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Percut Sei Tuan, terakhir mengalami musibah kemalingan yang menggondol 3 gelang emas seberat 6 gram, 2 STNK, 2 HP dan 1 kartu ATM, Jumat (14/4) sekira pukul 03.00 WIB.

“Maling itu masuk saat kami tidur pulas, sekitar jam 03.00 lah, karena istriku masih bangun nyusuin anakku jam 4.00”, kata Bantawan.

Aksi pencurian tersebut baru disadari paginya sekira pukul 07.00, ketika Hermayani Safrina, istrinya, hendak membeli sarapan dan tidak menemukan dompetnya yang sebelumnya disimpan dalam lemari. Dompet Bantayan yang sebelumnya diletak dalam keranjang juga tidak ditemukan. Setelah dicari-cari tenyata dompet Safrina sudah berpindah tempat ke dapur tepatnya disamping kulkas dalam keadaan kosong.

Setelah memastikan barang-baragnya hilang, pagi itu juga Bantayan langsung membuat laporan pengaduan ke SPK Polsek Percut Sei Tuan dengan nomor surat laporan pengaduan STTLP/827/IV/2017/Sekta Percut, tertanggal 14 April 2017.

“Pelaku pasti masuk melalui rumah kontrakan sebelah, kemudian turun dari plafon menuju dapur rumah saya”, tutur Bantayan sambil menjelaskan bahwa tidak ada pintu atau jendela rumahnya yang rusak kecuali plafon yang jebol di dapur.

Beberapa hari sebelumnya, Yunus (32) warga Jalan Pasar XII, Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, juga menjadi korban pencurian pada (3/4) lalu. Sepeda motor Scoopy BK 5655 AEO yang dikreditnya raib digondol maling di rumahnya. Akibatnya korban mengalami kerugian belasan juta.
Kepada petugas SPK Polsek Percut Sei Tuan, Yunus menuturkan maling masuk ke rumahnya, saat keluarganya sedang tertidur.

“Tahunya sepedamotorku hilang ketika aku terjaga mau buang air kecil. Sekira pukul 04.30, kulihat Scoopy tidak ada di ruang tamu,” pungkas korban kala itu.

Korban pencurian lainnya dialami Rizky (17) warga di pemukiman Jalan Metrologi IV, persis di Komplek Al-Barokah, Desa Sampali, Kec  Percut Seiuan.

Akibatnya, siswa kelas 3 MAN 2 Model Jalan Pancing ini merugi 1 unit laptop merek HP dan 1 buah kamera merek Nikon. Tak terima rumah kontrakannya dibongkar, remaja asal Rantau Parapat ini melapor ke polisi.

Saat berada di Polsek Percut Sei Tuan, Jumat (17/3), Rizky menuturkan, maling masuk ke rumah, Rabu (15/3) lalu. Bermula saat itu korban pergi ke sekolah sekira pukul 07.00 bersama temannya.

Meski korban tak terpikirkan rumahnya bakal disatroni maling, namun dia sontak kaget melihat pintu rumah terbuka. Curiga, Rizky bergegas masuk dan dilihatnya pintu kamar juga dibobol. Kondisi rumah berantakan.

Korban pun meradang ketika 1 laptop dan kamera raib di kamar. Saat itu, teman koban yang satu kontrakan dengannya tidak berada di rumah. Lalu korban keluar mencari tahu pelakunya kepada warga.

“Informasi yang kuterima dari warga, pelakunya dua orang naik kreta metic. Saat itu pelaku dilihat warga membawa tas ransel. Dipikir warga, kedua pelaku itu temanku. Maka warga tidak curiga,” bilang korban.

Atas kejadian itu, korban menderita kerugian Rp11 juta.

Seorang warga Perumnas Mandala M. Siddik Akbar Surbakti menyebutkan maraknya aksi pencurian di wilkum Polsek Percut Sei Tuan membuktikan bahwa kinerja prosonil Reskrik Polsek Percut Sei Tuan tidak becus dan personil Reskrim dan Bhabinkamtibmas yang seharusnya dekat dengan warga tidak terlihat.

“Selain Bhabinkamtibmas, personil Reskrim juga jarang terlihat melakukan patroli rutin baik siang maupun malam hari,” sesal Siddik Surbakti. (RO)

You may also like
6 Kali Sukses, Ketujuh Kali Maling Ini Ketangkap
Dari Pembunuhan, Pencurian, Judi Hingga Sabu, Polres Karo Ungkap Kasus
Warga Serahkan Maling Ke Polisi Medan
Dua Residivis Spesialis Maling Bongkar Rumah Ditembak
Maling Sepeda Motor Mahasiswi, Dua Pria Ini Diringkus Warga
Warga Kampung Ini Gagalkan Aksi Maling Motor

Leave a Reply