Home > Peristiwa > Puluhan Warga Patumbak 1, Dan Lantasan Baru Demo Pengangkutan Galian C

Puluhan Warga Patumbak 1, Dan Lantasan Baru Demo Pengangkutan Galian C

Sorotdaerah.com – Dituding sangat meresahkan, puluhan warga Desa Patumbak 1, dan Landasan Baru, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang menggelar aksi unjukrasa (Unras), terhadap pengangkutan tanah merah, dengan cara memblokir Jalan Patumbak-Deli Tua, persisnya di Dusun 1, Kampung Cinta Damai, Desa Lantasan Baru, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (20/6). 

Aksi Unras yang dilakukan dua desa tersebut karena pengangkutan tanah merah dari galian C milik Jimbo Tarigan, yang berlokasi di Desa Aji Baho, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang itu tidak memperdulikan masyarakat yang bermukim dipinggiran jalan yang dilalui dengan mengangkut hasil galian C yang menggunakan mobil berat jenis interculer dan dump truck itu.

Menurut Nanda Pradipta Sembiring, akibat pengangkutan tanah merah yang tiada henti baik siang maupun malam itu, mengakibatkan rumah permanen milik, Kapten Purn. I Ketut Modra, dan Aiptu Juli Indra Syahputra, serta Peltu Ismiadi, dan Bengkel Sembiring mengalami retak-retak. Dikhawatirkan dalam waktu dekat rumah itu akan runtuh, jika pengangkutan galian tanah merah  tidak segera dihentikan.

“Lihatlah itu pak, gorong-gorong dan badan jalan pun sudah mulai hancur, akibat dilalui mobil berat pengangkut tanah merah yang tiada henti layaknya mobil tentara yang sedang berkonvoi menuju ke medan laga,” jelasnya.

Sementara Darmo, tokoh masyarakat Desa Patumbak 1, yang ikut dalam aksi itu meminta kepada pengusaha pengangkutan tanah merah agar mengatur jarak angkutnya, minimal berjarak 300 meter dari mobil berat satu dengan mobil berat lainnya, serta menghentikan aktivitasnya pada malam hari. Sebab, selain dapat mengganggu umat muslim menjalankan ibadah tarawih, juga mengganggu kegiatan umat islam lain dalam mengisi kegiatan di Bulan Suci Ramadhan.

“Apabila pengusaha galian C tidak dapat menyiram jalan yang dilalui, maka masyarakat akan melakukan pemblokiran jalan. Sebab, selama ini warga sudah cukup sabar menghirup abu yang diakibatkan pengangkutan tanah merah yang berceceran di sepanjang jalan yang dilalui, terutama yang bermukim dipinggiran jalan,” katanya.

Pantauan wartawan dilokasi, terlihat puluhan mobil berat dihentikan warga dan berjejer terparkir dipinggiran Jalan Patumbak menuju ke
Deli Tua.

Sementara Kepala Desa (Kades) Lantasan Baru, Agustinus Ginting, dan Kades Patumbak 1, Irwansyah Lubis beserta Kepala Pos (Kapos) Emplasment, Aiptu B. Siregar dan anggota Shabara Polsek Patumbak bersama unit Reskrim  terlihat di lokasi, begitu juga dengan anggota Bhabin Kamtibmas Koramil 15 DT, Serma Bambang. (LS)

You may also like
Pedagang Pasar Horas Geruduk Kantor DPRD
Petugas Imigrasi Bubarkan Puluhan Pengungsi Afghanistan, Irak dan Pakistan Saat Akan Demo
Bupati Madina Pecat Kepala Desa, Warga Blokir Jalan Lintas Sumatera
Takut Didemo, Poldasu Buru-Buru Serahkan Berkas Mujianto ke JPU
Puluhan Karyawan Magang RSUD Dr Djasamen Saragih Demo Tuntut Haknya
Warga Kampung Ini Gagalkan Aksi Maling Motor

Leave a Reply