Home > Perkebunan > Siantar Sehat Latih Petani Bertani Organik

Siantar Sehat Latih Petani Bertani Organik

Sorotdaerah.com – Siantar Sehat (Sise) mengadakan pelatihan pertanian organik kepada petani-petani di Huta II Nagori Silau Malaha, yang tertarik untuk beralih ke pertanian organik. Pelatihan digelar di Blok Songo, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Rabu (22/11).

Pelatihan yang diinisiasi oleh Sise ini bertujuan untuk melatih petani yang ada di Siantar supaya beralih ke bertani organik dan mendampingin petani dalam bercocok tanam organik. Selain itu, Sise ingin mengajak masyarakat untuk menjaga struktur tanah yang selama ini terkena pestisida. “Kita ingin mengajak masyarakat untuk bertani sehat. Masyarakat perlu dilatih untuk menciptakan pasar sendiri,” ucap Apni Naibaho, narasumber pelatihan.

Sayuran hasil bertani organik binaan Siantar Sehat. Sorotdaerah.com

Dalam pelatihan ini turut hadir pendiri Sise, Apni Naibaho sebagai narasumber, Pangulu Silau Malaha Mardianto, Pangulu Silau Manik Deliana, Gamot Huta II Nagori Silau Malaha Amri Sidabutar dan 7 orang petani yang minat bertani organik.

Dalam pelatihan dilaksanakan praktek langsung mengolah tanah, cara pembuatan pupuk cair. Pelatihan langsung dilakukan dilahan yang akan ditanami sayur organik.

Diakhir pelatihan dilaksanakan diskusi tanya jawab seputar bertani organik. Interaksi antar petani sangat antusias untuk mengetahui lebih secara rinci dalam bertani organik.

“Siantar Sehat akan terus mendamping petani. Mulai dari pengolahan ranah sampai ke pemasaran jika panen,” pungkas Apni. (JO)

You may also like
Produk Sayur Organik Potensial Dikembangkan 
Mengenal Sosok Apni, Perempuan yang Jatuh Cinta Bertani

Leave a Reply