Home > Ufuk > Menemukan Bentuk Diri

Menemukan Bentuk Diri

TERJANGAN informasi di era digital begitu deras. Dalam sekali jentikan jari, informasi tersaji di depan mata. Begitu banyak ruang yang bisa dimanfaatkan di zaman kini. Pilihannya cuma dua: berdayakan atau mampus tergilas?

Ruang itu masih banyak yang kosong. Sorot Daerah (selanjut ya kita sebut: Sordah) lahir untuk mengisi ruang kecil dan penuh dengan harapan. Kini Sordah tumbuh sebagai salah satu media digital yang mengisi ruang era digital. Turut ambil bagian dalam upaya menyajikan informasi bermutu kepada publik.

Berkiprah di dunia jurnalistik menjadi pilihan kami dalam mewujudkan harapan Indonesia yang lebih literate. Sordah punya mimpi besar menjadi salah satu media digital yang mengedepankan nilai berita bagi pembaca–walau saat masih tahap belajar sembari berkarya.

Pemimpin Redaksi Sorot Daerah, Jon Roi Tua Purba

Mengusung tagline “Kebenaran Informasi,” Sordah selalu berusaha mengedepankan akurasi berita, sebelum dilempar ke sidang pembaca dan menjadi konsumsi publik.

Karya jurnalistik yang disuguhkan Sordah merupakan informasi yang telah terkonfirmasi dan terverifikasi dengan ketat. Sekali lagi tujuannya tak lain adalah akurasi dan kebenaran informasi.

Kami memilih berkiprah di media digital sebab dia bagian dari ruang publik yang cukup terbuka untuk siapa saja yang mau berkarya dan bereksistensi. Sordah ada untuk membuka secara luas ruang publik melalui kanal www.sorotdaerah.com.

Karya-karya jurnalistik disuguhkan untuk memperkaya khasanah informasi, menyajikan berita tandingan, mengedepankan kebenaran ditunjang data dan fakta guna mencerdaskan pembaca. Kami meyakini, informasi yang baik dna bermutu dibutuhkan setiap orang. Informasi membantu kita sebelum mengambil keputusan dalam kehidupan dan masa depan kita. Sebaliknya, informasi yang keliru atau bohong akan sangat merugikan siapa saja.

Karena itu, Sordah terus berupaya menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas guna mengedukasi pembaca. Kami mengedepankan prinsip mengejar mutu dalam berkarya, bukan rating atau jumlah klik atau viewers. Eksistensi dibutuhkan untuk bertahan. Bukan karena kekuatan modal.

Sordah tetap yakin bisa eksis menyajikan karya jurnalistik yang berkualitas. Karena kami terus belajar dan terbuka untuk menerima masukan dan kritik demi perbaikan. Masukan dari pembaca dan narasumber serta rekan-rekan jurnalis menjadi intropeksi kami di internal.

Di saat bersamaan, kami terus berusaha menjaga dan mewujudkan mimpi-mimpi Sordah. Perlahan tapi pasti, kami mulai menemukan bentuk dan arah ke depan. Tak mudah menemukan bentuk dan arah suatu media. Karenanya berdasarkan hasil evaluasi dan diskusi tim redaksi, kami yakin dengan arah yang sudah kami pancangkan di 2018.

Satu setengah tahun hadir untuk pembaca, kami berterimakasih buat kritik dan saran dari pembaca, narasumber dan diskusi yang selalu hangat di tim redaksi. Inilah yang membuat kami yakin dan menemukan bentuk Sordah yang khas. Semuanya akan kami mulai di 2018.

Bagi kami 2018 adalah tahun yang penuh tantangan untuk menatap dunia informasi digital yang dinamis. Konsisten pada tujuan yang sudah ditetapkan sejak lahirnya Sordah.

Kini Sordah tak lagi ragu berjalan pada bentuk yang telah ditentukan. Kami akan tampil berbeda dengan lebih gagah. Karya-karya jurnalistik modern akan menjadi sajian dalam setiap pemberitaan tiap kali penayangan.

Tim redaksi yang sangat luar biasa bekerja tanpa lelah menjadi kunci eksistensi Sordah. Ruang sudah dibuka dan bentuk sudah ditemukan. Kini saatnya membangun ide menjadi sebuah kenyataan melalui karya yang lebih menarik dan memikat. Kebenaran informasi untuk mencerdaskan publik adalah jadi diri kami.

Selamat Tahun Baru 2018. Salam Literasi Sordah! (Red)

You may also like
Dua Jambret Ponsel Dihajar Warga
Ini Pernyataan Sikap AJI Soal Dugaan Penyuapan Terhadap Media
Rakorbang Bidang Ekonomi Digelar Bappeda
Unimed Turut Sukseskan Konvensi Nasional Pendidikan
Danau Toba Tercemar Izin TPL dan Aquafarm Perlu Dikaji Ulang
Kasus Korupsi Vaksin dan Dinas PU Pangururan Mengendap

Leave a Reply