Home > Daerah > YP Parulian Terapkan Pembelajaran Berkelas Dunia

YP Parulian Terapkan Pembelajaran Berkelas Dunia

Literasi: Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, Kabid PPD Kota Medan Masrul Badri dan pengurus YP Parulian menyampaikan salam literasi. USAID PRIORITAS mendukung YP Parulian menerapkan pembelajaran berkelas dunia.

Foto Sorotdaerah. Literasi: Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, Kabid PPD Kota Medan Masrul Badri dan pengurus YP Parulian menyampaikan salam literasi. USAID PRIORITAS mendukung YP Parulian menerapkan pembelajaran berkelas dunia.

Medan, Sorotdaerah.net- USAID PRIORITAS mendukung sekolah-sekolah yang dikelola Yayasan Pendidikan (YP) Parulian untuk menerapkan pembelajaran berkelas dunia. Dukungan itu diwujudkan dengan melatih ratusan guru dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK agar mampu menerapkan active learning.

“Parulian merupakan lembaga pendidikan terhormat dan berpengaruh di Sumatera Utara. Sejak tahun 1957, Parulian telah berkontribusi untuk mendidik generasi muda kita. Kami bangga bisa mendukung Parulian melalui program diseminasi,” tutur Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan di Medan, Sabtu (17/9).

Agus mengatakan, active learning merupakan model pembelajaran yang direkomendasikan pendidikan abad 21.  Active learning didesain sesuai empat pilar pendidikan yang dirumuskan UNESCO yaitu belajar untuk mengetahui (learning to know), melakukan (learning to do), menjadi sesuatu (learning to be) dan hidup bersama (learning to live together). “ Melalui active learning, potensi dan kecerdasan siswa tergali lebih maksimal. Siswa belajar menjadi lebih aktif, kreatif dan inovatif. Saya yakin lulusan Parulian akan lebih siap menghadapi kehidupan sesungguhnya.” tambahnya.

Foto Sorotdaerah.net. Penguatan: Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan memberikan penguatan kepada peserta pelatihan active learning di YP Parulian. USAID PRIORITAS mendukung YP Parulian menerapkan pembelajaran berkelas dunia.

Foto Sorotdaerah.net. Penguatan: Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan memberikan penguatan kepada peserta pelatihan active learning di YP Parulian. USAID PRIORITAS mendukung YP Parulian menerapkan pembelajaran berkelas dunia.

Lebih lanjut Agus menekankan peran guru dalam penerapan active learning. Guru menjadi kunci keberhasilan belajar siswa. Semakin baik keterampilan guru mengajar, maka semakin baik pula mutu pembelajaran yang diberikan. “Bagaimana siswa belajar dan bagaimana guru mengajar, merupakan dua faktor  yang paling mempengaruhi keberhasilan siswa. Itu sebabnya perubahan di Parulian kita mulai dari pelatihan guru,” tukas Agus.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Medan Masrul Badri, mengatakan active learning merupakan model pembelajaran untuk kurikulum 2013. Kurikulum 2013 didesain agar standar dengan pendidikan di negara maju. “Ke negara manapun nanti anak-anak kita pergi, maka pembelajaran yang mereka dapatkan sudah sama,” tambahnya.

Foto Sorotdaerah.net Kabid PPD: Kabid PPD Kota Medan Masrul Badri memberikan penguatan kepada peserta pelatihan active learning di YP Parulian. USAID PRIORITAS mendukung YP Parulian menerapkan pembelajaran berkelas dunia.

Foto Sorotdaerah.net
Kabid PPD: Kabid PPD Kota Medan Masrul Badri memberikan penguatan kepada peserta pelatihan active learning di YP Parulian. USAID PRIORITAS mendukung YP Parulian menerapkan pembelajaran berkelas dunia.

Ketua Pembina YP Parulian Yosua Siburian mengatakan, Parulian terus meningkatkan mutu layanan pendidikan. Layanan yang diberikan harus mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu usaha meningkatkan mutu layanan itu, dilakukan dengan pelatihan guru.”Ibarat bunga, jika musim kemarau tidak disiram, maka kelihatan tidak segar. Begitu juga dengan guru, jika tidak diberi up grading dan penataran maka tidak akan berkembang,” tegasnya.

Program USAID PRIORITAS merupakan program lima tahun yang didanai oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Program ini didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia. (JS)

You may also like
Menjadi Gubsu, Djarot Sihar Pelayan Rakyat
Menuju Birokrasi Sumut Berparadigma 4.0
Sehari 66 sampai 70 Nyawa Melayang di Jalanan
Resmikan Gedung Baru, OJK KRS 5 Sumbagut Optimis Peningkatan Ekonomi Sumut
Somba Marhula-hula
Kita Mencari Pemimpin Sejati

Leave a Reply