Siantar, Sorotdaerah.com – Permasalahan pasar di kota Pematangsiantar menjadi perhatian penting. Masalah pasar menurut Plt. Sekretaris Daerah Reinward Simanjuntak sangat kompleks.

“Daya tampung pasar horas 1000 pedagang dan saat ini sudah mencapai 2000. Ini sudah jauh melebihi belum lagi pengunjung,” jelasnya, dalam diskusi publik yang diselenggarakan yang bertajuk “Menata Pasar Menuai Harmoni”, Jumat (26/5).

Menurutnya, masalah pasar adalah masalah ruang. Sudah lebih dari 30 tahun tidak menata pasar dan dampaknya seperti ini yang kita ketahui bersama.

Saat ini di Siantar hanya ada 2 pasar, yaitu Pasar Horas dan Pasar Dwikora di Parluasan. Reinward juga menjelaskan pengelolaan pasar

Kompleksnya masalah pasar juga diamani pemerhati pasar Agus Butar butar dari Jaringan Pasar Tradisional (Japtra). Pemerintah dalam penataan pasar dianggap abai.

“Pemerintah harus berperan aktif dalam penataan pasar. Pemerintah kota Pematangsiantar jangan abai dan juga harus perhatikan pedagang. Tidak membiarkan begitu saja sehingga tak teratur,” pungkasnya. (JO)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *