Sorotdaerah.com- Walaupun berenang salah satu olah raga jarang terluka, tetapi tidak tertutup kemungkinan terjadi cedera pada bagian tubuh tertentu.

Bagaimana  cara menghindari cedera pada saat berenang? Bagi kamu pemula, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum dan saat berenang.

Pertama, melakukan pemanasan di darat dan di dalam air. Pemanasan di darat atau sebelum memasuki kolam dilakukan dengan dua tahap, yakni pemanasan statis dan dinamis. Pemanasan ini umumnya sudah dipelajari pada saat pelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Lakukan pemanasan semaksimal mungkin.

Setelah melakukan pemanasan di darat, selanjutnya pemanasan di dalam kolam. Dalam tahap ini, kamu melakukan pemanasan pernapasan.

Perlu diketahui, Pernapasan saat berenang tidak sama saat bernapas di darat. Jika pernapasan di darat dilakukan dengan menghirup udara dari hidung kemudian dikeluarkan dari mulut, di dalam kolam dilakukan kebalikannya. Menarik napas dari mulut dan mengeluarkan dari hidung. Hal ini dapat dilakukan sebanyak 10 repetisi dengan 3 set.

Kedua, menghindari gerakan yang tidak beraturan. Hindarilah gerakan yang tidak beraturan. Berenang dengan tehnik yang salah dapat berakibat fatal bagi siperenang. Untuk itu berenanglah dengan tehnik yang benar.

Selain melakukan dua tips di atas, jangan lupa untuk meminum air mineral yang cukup supaya tubuh maksimal saat berenang. (Redaksi)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *