Penghargaan ini diraih atas keberhasilan Syawal memberikan advokasi, gagasan cemerlang dan strategi kongkrit dalam mensukseskan pola pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. Selain itu ia juga berhasil meningkatkan mutu pendidikan kota Medan.

Kemampuannya dalam pengembangan mutu pendidikan tak diragukan lagi.

Prof. Syawal telah berperan aktif dalam memberikan masukan yang konstruktif diberbagai seminar pendidikan secara daring, talkshow di TVRI, webinar optimalisasi peran keluarga dalam mensukseskan PJJ dan juga advokasi lainnya dibidang pendidikan untuk perubahan pola pendidikan di kota Medan yang lebih bermutu dan arah baru untuk kemajuan.

“Mengubah kebiasaan dan budaya yang sudah mengakar di masyarakat memang sangatlah susah, namun jika kita tidak mulai berubah dari diri sendiri maka mustahil melakukan perubahan,” ungkap Syawal.

Menurutnya kondisi pendidikan dan moralitas bangsa saat ini sangat memperihatinkan. Hanya pendidikan yang dapat mengubah kemajuan bangsa menjadi lebih pesat. Harus memunculkan kesadaran baru, mendidik generasi muda saat ini adalah cara memperbaiki bangsa di masa depan. Dengan menyentuh hati dan membangunkan pemahaman dan penalaran yang mendalam kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, karena pada hakikatnya membangun negeri dari sekolah. Cara untuk mengubah mindset dan membangunkan pemahaman dan penalaran yang mendalam adalah dengan cara bergerilya ke sekolah-sekolah, lembaga dan institusi pendidikan, guru dan orang tua. “Dengan menaklukkan hati, investasi masa depan mewujudkan Indonesia maju akan terwujudkan.” Lanjutnya.

Ide cemerlang Prof. Syawal Gultom disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Adlan S.Pd., MM.

Adlan mengatakan Prof Syawal Gultom membawa pengaruh besar pada pendidikan kota Medan.”Beliau banyak membantu pengembangan kompetensi guru dan kepala sekolah,” katanya.

Adlan berharap ide dan gagasan Syawal dapat direalisasikan di kota Medan. Hal ini dapat terwujud dengan adanya kerja sama UNIMED dengan kota Medan. “Semoga dapat memberikan dampak besar dan pengaruh positif terhadap kemajuan pendidikan di Sumatera Utara, khususnya kota Medan,” Harapnya.

Adlan bersama jajarannya memberikan penghargaan kepada Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. atas Advokasinya dalam mendukseskan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan peningkatan Mutu Pendidikan di kota Medan. (Redaksi)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *