Sorotdaerah.com – PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Tbk mendukung penuh upaya yang ditempun pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri persaguan nasional. Tepat pada Pekan Sagu Nusantara 2020, PT. ANJ dan PT. Kitong Bisa Consulting (KBC) saling mendukung dalam pengembangan sagu di Indonesia. Harapannya, Indonesia mampu menghasilkan sagu berkualitas tinggi.

Pekan sagu nusantara diadakan dalam rangka memperingkati Hari Pangan Sedunia tanggal 16 Oktober 2020. PT. ANJ, melalui anak perusahaannya PT. ANJ Agri Papua adalah perintis industri sagu alami. Lebih dari 10 tahun, ANJ telah berupaya mencari solusi dari tantangan market dan masalah sosial di Sorong Selatan.

Group Head Corporate Communication ANJ, Nunik Maharani mengungkapkan, salah satu tantangan di hilir adalah rendahnya kesadaran publik tentang potensi dan manfaat sagu. “Maka, ANJ hadir melakukan berbagai strategi edukasi serta terlibat aktif dalam diskusi terkait sagu,” jelas Nunik.

Upaya edukasi juga dilakukan dengan membuat restoran pertama di Jakarta yang menyajikan menu modern berbahan dasar sagu. Restoran itu bernama Bueno Nasio, yang dalam bahasa Iwaro artinya Dapur Enak. Bueno Nasio telah beroperasi sejak Agustus 2019.

Selanjutnya, di akhir tahun 2019, ANJ bersama Gramedia meluncurkan buku “Sagu Papua untuk Dunia”. Kisah sejarah, potensi dan pemanfaatan sagu ditulis lengkap dalam buku tersebut. Buku itu telah diserahkan kepada Menteri Perindustrian untuk memperkuat promosi potensi sagu Indonesia.

Co-Founder PT. Kitong Bisa Consulting (KBC), Benyamin Inanosa menyampaikan apresiasinya kepada Kemenko Perekonomian, ANJ dan semua pihak yang telah mendorong acara Pekan Sagu Nusantara 2020, sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Pria yang kerap dipanggil Benny ini berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk mendorong sekaligus memposisikan sagu sebagai sumber pangan alternatif dalam menjawab kebutuhan pangan secara nasional. “Semoga event ini bisa membantu mensosialisasikan dan meningkatkan pemahaman masyarakat untuk menyadari betapa pentingnya sagu menjadi sumber daya pangan nasional.” pungkas Benny. (Ven)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *