Sorotdaerah.com – Kemenpora menunjuk Universitas Negeri Medan (Unimed) ditunjuk sebagai panitia penyelenggara uji publik Penyusunan Grand Design Keolahragaan Nasional. Uji publik akan dilaksanakan pada 11 – 13 November 2020 di Hotel JW Marriott Medan.

Kegiatan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan dan terlebuh dahulu para peserta menjalani rapid tes. Uji publik digelar secara daring menggunakan aplikasi Zoom meeting dan streaming youtube kemenpora.

Uji publik ini melibatkan para akademisi dan stakeholder olahraga. Kegiatan tersebut dibuka Menpora Zainudin Amali yang dihadiri Gubernur Sumut dan wakilnya, Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom selaku ketua panitia pelaksana, Anggota Komisi X DPR RI Djohar Arifin dan Sofyan Tan sebagai pembanding utama, Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafidz, Kadis PORA kabupaten kota, Ketua KONI Sumut Kabupaten Kota, akademisi dan stakeholder lainnya.

Zainudin Amali mengatakan, uji publik ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait perbaikan ekosistem keolahragaan nasional. Sebab selama ini, Indonesia tidak mempunyai grand desain yang jelas tentang pembinaan olahraga meski sudah 75 tahun merdeka. “Pembinaan prestasi olahraga Indonesia wajib diatur dan tidak boleh terbentuk dengan instan. Atlet berprestasi harus didesain dan diciptakan bukan karena dicari,” ucapnya.

Menpora mengatakan grand desain ini memiliki sasaran jangka menengah dan jangka panjang mulai 2020 hingga 2045. Dengan merevitalisasi berbagai jenjang pembinaan yang didukung sport science agar pembinaan bisa lebih terukur.

Rektor Unimed Syamsul Gultom berharap grand desain ini bisa segera selesai dan disosialisasikan ke daerah-daerah untuk menjadi rujukan. Rujukan aerah dalam menciptakan program kerja keolahragaan untuk meningkatkan prestasi olahraga kita.

Gubsu Edy Rahmayadi berkomentar, pemprovsu sangat mendukung program pemerintah dalam pembuatan grand desain keolahragaan nasional. Ia juga memaparkan bentuk keseriusan Pemprovsu dalam memajukan keolahragaan di Sumatera Utara. “Kami akan membangun Sport Center di Deli Serdang, yang bisa mencakup berbagai bidang olahraga. Selain itu diarea tersebut juga akan dibangun rumah sakit dan mall. Sehingga terintegrasi dengan baik, dalam rangka menyambut PON 2024 di Sumatera Utara dan Aceh,” pungkasnya. (Red)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *