Sorotdaerah.com – Hampir setahun sudah pemerintah menetapkan Covid-19 sebagai penyakit yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Sebagaimana merujuk kepada Undang-Undang No. 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan, pemerintah harus mencegah penularan penyebaran Covid-19 ini.

Sampai pekan terakhir bulan Januari 2021, sebanyak 965 ribu lebih orang telah dinyatakan positif. Sebanyak hampir 28 ribu diantaranya meninggal dunia. Saat ini, gelombang demi gelombang kasus positif mengancam. Dalam tahun ini saja, rekor kasus positif pernah mencapai angka 14 ribu per harinya. Angka ini bukan tidak mungkin semakin meningkat. Jika kasus positif yang ditemukan dari proses pemeriksaan ini semakin meningkat, maka laju penularan diperkirakan akan semakin melonjak.  

Saat ini pemerintah sudah memulai program vaksinasasi massal. Vaksinasi ini adalah amanah UU Kekarantinaan Kesehatan. Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi corona virus disease 2019 yang kemudian disusul oleh aturan teknis dari Kementrian Kesehatan berupa PMK No. 84 tahun 2020 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Corona virus disease 2019 (Covid-19) . Vaksin ini pun telah memiliki izin penggunaan darurat dari BPOM serta sertifikasi halal dari MUI.

Program vaksinasi ini penting. Penyakit Covid-19 dapat dilawan dengan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Pembentukan imun tubuh ini setidak-tidaknya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan setelah seseorang divaksin. Untuk pertama-tama, tentu saja kalangan prioritas harus diberikan vaksin, karena mereka merupakan tulang punggung pemulihan dampak Covid-19 ini.

Presiden telah memulai diri divaksin. Saat ini vaksin telah dikirimkan ke berbagai daerah dengan menggunakan mekanisme satu data yang telah didisain oleh pemerintah. Memang vaksin ini bukan obat yang segera manjur dan membuat seseorang kebal. Kepatuhan pada penggunaan masker, menghindari kerumunan dan selalu rajin mencuci tangan perlu terus menerus dipraktikkan meski seseorang telah divaksin.

Namun kita harus mendukung vaksinasi massal ini. Kelak jika hasilnya positif, maka pada titik tertentu, akan tercipta perlindungan massal yaitu herd immmunity (kekebalan kelompok). Dengan kekebalan kelompok itu kita berharap kita bisa melawan penyebaran Covid-19 secara bersama-sama. Ayo kita dukung vaksinasi Covid-19. (Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Inkes Sumut)

By Redaksi

One thought on “Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *