Dalam rangka mendorong peran insinyur muda dalam membangun negeri, pengurus Forum Insinyur Muda –Persatuan Insinyur Indonesia (FIM-PII) Jawa Barat Periode Tahun 2021-2024 dilantik pada Minggu (21/2) di Hotel Swiss Bel, Bogor, Jawa Barat.

Acara pelantikan pengurus FIM-PII Jawa Barat dilantik oleh Ketua Umum FIM PII Ir. Haudhi Ramdayuza, S.T dan dihadiri Walikota Bogor Dr. Bima Arya Sugiarto, S.Hum., M.A. Kegiatan ini dilanjutkan dengan seminar nasional melalui virtual dengan tema “Peran Insinyur Muda dalam Sinergitas Penta Helix di Masa Pandemi Covid 19.

Insinyur merupakan pendorong kemandirian bangsa. Hal itu merupakan visi dari Persatuan Insinyur Indonesia, tentu ini merupakan tantangan bagi setiap insan insinyur di tanah air yang wajib meningkatkan kompetensinya sesuai dengan bidang masing-masing. Kualitas insinyur di Indonesia sudah tidak diragukan karena telah berkontribusi dalam pembangunan yang mendorong kemajuan bangsa.

Namun jumlah insinyur masih kurang dibandingkan dengan kebutuhan sekarang. Berdasarkan data PII, jumlah insinyur di Indonesia sebanyak 2.671 per satu juta insinyur, di Malaysia sekitar 3 ribuan, di Vietnam 5 ribuan, sementara di Tiongkok lebih dari dua kali lipatnya.

Forum Insinyur Muda-PII Jawa Barat hadir untuk menghimpun insinyur-insinyur muda Indonesia yang unggul dibidangnya. FIM Jawa Barat memiliki potensi insinyur baik dari sisi jumlah maupun kualitas. “Hal ini dikarenakan Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang menghasilkan insinyur terbaik dari berbagai universitas atau perguruan tinggi. Dari aspek sumber daya alam, Jawa Barat memiliki perkebunan, industri pertanian, dan peternakan yang cukup luas dan beragam yaitu teh, kelapa sawit, tebu, tembakau, cengkeh, perkebunan jagung, industri pakan, pengolahan susu, dll. Selain itu, Jawa Barat memiliki beberapa kawasan industri strategis nasional seperti di Karawang, Cikarang, dan Bekasi,” ungkap Arif Silaban, usai dilantik sebagai Ketua FIM-PII Jawa Barat.

Potensi tersebut perlu diorganisir dan dikelola dengan sungguh-sungguh mengingat tantangan yang semakin nyata terutama di masa pandemi Covid-19. Banyak industri mengalami dampak yang serius seperti pengurangan karyawan, pembangunan yang berhenti, pembatasan aktivitas, dan penerapan protokol kesehatan dalam bekerja.

FIM-PII Jawa Barat yang dilantik hari ini memiliki pekerjaan rumah yang besar untuk menjawab tantangan tersebut. “Adapun program jangka pendek FIM-PII Jawa Barat adalah akan mengadakan berbagai diskusi atau seminar untuk memberikan wawasan dan pengalaman kepada insinyur muda. Program jangka menegah dan panjang adalah menghimpun para insinyur muda dan menyosialisasikan FIM-PII ke berbagai universitas dan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menumbuhkan minat pendidikan teknik, sains, dan terapan,” katanya.

Agar program kerja FIM-PII Jawa Barat lebih efektif, maka kami akan mendorong terbentuknya FIM cabang dari kabupaten/kota untuk menyinergikan dengan program kerja FIM-PII pusat. “Saya berharap kedepan FIM Jawa Barat akan menjadi bagian dari sinergi pentaheliks (Pemerintah, Akademisi, Praktisi, Mahasiswa Teknik, Sains, Terapan) untuk kemajuan bangsa khususnya di Jawa Barat,” tutupnya.

Ketua FIM PII Pusat Haudhi Ramdayuza menuturkan besar harapan kami di Jawa Barat teman-teman FIM mengeksplorasi program-program yang luarbiasa. “Ada enam proyek utama di Jawa Barat salah satunya adalah jalur kereta Bogor-Sukabumi, kereta cepat Jakarta-Bandung, dan pembangunan lainnya. Dengan banyaknya program-program proyek strategis nasional ini menjadi potensi insinyur muda Indonesia,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Pengurus Pusat PII Heru Dewanto menyampaikan dibutuhkan kepemimpinan transformatif mulai dari pusat dan wilayah cabang termasuk FIM. Hanya dengan itu transformasi keinsinyuran dapat kita laksanakan.

“Baru-baru ini PII merekomendasikan agar sejumlah daerah khususnya daerah rawan gempa segera menerbitkan perda dalam menetapkan standar-standar keinsinyuran. Kami berharap agar seluruh pejabat melibatan keinsyuran profesional,” katanya.

Pembicara dalam seminar nasional melalui virtual tersebut adalah anggota DPR RI Komisi VI Ir. Lamhot Sinaga, Deputy General Manager PT Indocement Tunggal Prakartsa, Tbk., Soegito C Kurniawan, Executive Vice President Regional III PT Telkom Indonesia (Persero) Sujito, Direktur Pendidikan Non Reguler Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Andri Dian Nugraha, S.Si., M.Si, dan Direktur Utama PT Migas Hulu Begin Troys. (Red)

Berikut ini susunan pengurus FIM-PII Jawa Barat Periode Tahun 2021-2024:

Ketua : IR. ARIF MAROJAHAN SILABAN, S.T, IPP.
Wakil Ketua : IR. ANDREAS TAMPUBOLON, S.T.
Sekretaris : IR. JATI WIDIPUTRA, S.T., M.T, IPP.
Wakil Sekretaris : JOKO TRIYONO, S.T.
Bendahara : WIDIA HARTI SAGALA, S.T.
Wakil Bendahara : NIKO ALIEF PRASETYO, S.T.

Bidang Kesekretariatan
Ketua : NURHUA KUMALA SARI, S,T.
Sekretaris : RESTU AYU,S.T.

Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan
Ketua : ILHAM LUTFIL ANAM, S.T.
Sekretaris : PUJI PURNOMO, S.T

Bidang Pendidikan dan Keprofesian
Ketua : M.B NUGRAHA, S.T.,M.T.
Sekretaris : FATHAN MUBINA DEWADI, S.T., M.T., IPP.

Bidang Humas dan Media
Ketua : BASOFI SIMANJUNTAK, S.T.
Sekretaris : FEBRONI PURBA, S.Pt.

Bidang Kerjasama Internasional
Ketua : ANITA WIJAYANTI, S.T., M.M.
Sekretaris : HABINSARAN NOVANDI SISWOKO, S.T., MBA.

Bidang Kerjasama antar Lembaga
Ketua : LINTONG SIHOMBING, S.Kom.
Sekretaris : RAHAYU, S.T.,M.T.

Bidang Perencanaan dan Konstruksi
Ketua : H. R. BIRZA VIRGANANDA, S.T
Sekretaris : SENJA SEPTIAN MAKMUR, S.T.

Bidang Perindustrian
Ketua : A. RACHMAN FAUZI, S.T
Sekretaris : JERINTO BINSAR MANURUNG, S.T

Bidang Sumber Daya Mineral
Ketua : DANA DONGAN S. P ,S.T.
Sekretaris : OZZY JULIO PARSIA, S.T.

Bidang Energi dan Kelistrikan
Ketua : KRISMANTO EKA WIDODO NABABAN, S.T., M.T.
Sekretaris : AFIF FAJAR NURTYANTO, S.T.

Bidang Pengembangan Kawasan, Perkotaan dan Perumahan
Ketua : HERMAN MASDUKI, S.T
Sekretaris : RAIHAN, S.T.

Bidang Start Up Digital dan Teknologi
Ketua : M. YUSUF ALFIANTO, S.T
Sekretaris : INDRA PERMADI, S.T.

Bidang Riset dan Pengembangan
Ketua : SANDYA GILANG SAMUDRA, S.T., M.T.
Sekretaris : HANDRY SHANTOSO, S.T.

Bidang Sosial Masyrakat
Ketua : M. YUDA, S.T.
Sekretaris : ROY KINSON, S.T.
Bidang Humas dan Media
FIM-PII Jawa Barat

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *