Sorotdaerah.com – Pulau Lombok menyajikan berbagai hal yang dapat memanjakan mata dan lidah. Perpaduan keindahan alam dan kekayaan kulinernya adalah magnet yang mampu menyedot perhatian siapa saja terhadap Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Salah satu kuliner yang bisa menggetarkan lidah adalah pelecing kangkung. Menurut masyarakat Lombok, pada mulanya, sayur ini diracik oleh seorang juru masak di satu kerajaan. Sang koki memilih memasak pelecing kangkung untuk bisa mencuri perhatian putri kerajaan yang kecantikannya tiada tara.

Sayangnya, meski memiliki paras yang cantik jelita, tidak mudah bagi rakyat jelata untuk bisa melihat wajah sang putri. Sebab, sang putri selalu mengenakan cadar untuk menutupi wajahnya. Namun, sang koki tidak hilang akal. Dengan keahliannya, ia meracik sajian bernama pelecing kangkung.

Sayur kangkung itu sengaja di masak utuh, tanpa dipotong-potong. Dengan cara ini, sang putri terpaksa harus mendongakkan kepalanya untuk bisa menyantap sayur kangkung itu. Tentu saja, hal itu otomatis bisa memperlihatkan rupa sang putri. Dan berhasil!

Plecing kangkung merupakan sajian khas yang selalu ada untuk masakan Lombok yang berbahan dasar kangkung, urap, dan sambal tomat dengan cita rasa yang pedas dan memiliki tekstur crunchy yang berasal dari kangkung. Biasanya, sayur ini ditaburi dengan kacang tanah goreng. Kacang tanah ini berfungsi menetralisir rasa pedas yang dominan dari sambal.

Di kawasan Mataram sendiri yang saya tau ada warung yang begitu terkenal dengan masakan pelecing kangkungnya. Nama warung tersebut adalah Warung Dedi. Setiap hari, banyak orang merubung ke sana untuk mencicipi sayur pelecing kangkung ataupun menu lainnya.

Selain rasanya yang sedap, sayur ini juga kaya gizi. Tertarik untuk mencobanya? Mari datanglah ke Lombok. (Fadhlillah Fariz)

Fadhlillah Fariz adalah Mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar Mataram.

Tulisan ini diproduksi sebagai hasil dari belajar Modul Nusantara Ukrida 2021 yang dibimbing oleh Prasasti Perangin Angin, MM selaku Dosen FEB Ukrida.

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *